Kurniawan, Rahmat (2025) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesenjangan Sosial Bagi Siswa di SMPN 1 Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
21381091071_SAMPUL.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
21381091071_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
21381091071_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
21381091071_ABSTRAK.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
21381091071_DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
21381091071_BAB I.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
21381091071_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
![]() |
Text
21381091071_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
![]() |
Text
21381091071_BAB IV.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
21381091071_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
![]() |
Text
21381091071_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
21381091071_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (69kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran, Guru BK, Kesenjangan Sosial Penelitian ini berangkat dari fakta adanya kesenjangan sosial di SMPN 1 Galis Pamekasan. Kesenjangan sosial melalui sekolah merupakan gambaran nyata terhadap kondisi masyarakat di daerah tertinggal dan jauh dari pusat perkotaan. Hal itu biasanya dialami oleh anak-anak dari orang tua yang bekerja sebagai petani, buruh dan dari keluarga dengan kondisi ekonomi rendah. Fokus pada penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meminimalisir kesenjangan sosial siswa di SMPN 1 Galis Pamekasan. Kedua, peran guru bimbingan dan konseling dalam meminimalisir kesenjangan sosial siswa di SMPN 1 Galis Pamekasan. Ketiga, Bagaimana dampak dari kesenjangan sosial siswa terhadap pendidikan di SMPN 1 Galis Pamekasan. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui peran guru Bimbingan Konseling dalam meminimalisir kesenjangan sosial di SMPN 1 Galis Pamekasan, kedua untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi terjadinya kesenjangan sosial di SMPN 1 Galis Pamekasan dan ketiga, untuk mengetahui dampak dari kesenjangan sosial siswa terhadap Pendidikan di SMPN 1 Galis Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa SMPN 1 Galis Pamekasan.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui perpanjang keikut sertaan, ketekunaan dalam proses pengamatan dan yang terakhir melalui triangulasi. Data yang diperoleh dari penelitian diuraikan, dianalisis dan dibahas secara deskriptif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Peran guru bimbingan konseling dalam meminimalisir kesenjangan sosial di SMPN 1 Galis Pamekasan yaitu membentuk kelompok belajar tanpa membeda-bedakan status sosial siswa dan memberikan nasehat pada siswa untuk tidak membeda-bedakan teman; 2) Faktor kesenjangan sosial di SMPN 1 Galis Pamekasan meliputi faktor ekonomi dan status sosial; 3) Dampak kesenjangan sosial terhadap Pendidikan siswa di SMPN 1 Galis Pamekasan adalah pertengakaran antar siswa, bullying, menurunnya prestasi belajar pada siswa. Guru membentuk kelompok belajar tanpa membeda-bedakan status sosial siswa, adanya materi akhlak, adanya keteladanan, adanya hukuman, dan kegiatan keagamaan diharapkan dapat mencegah kesenjangan sosial yang terjadi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:27 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8446 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |