Urgensi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap kontrol Diri pada Siswa di SMPN 8 Pamekasan

Sari. N, Meri Nofita (2025) Urgensi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap kontrol Diri pada Siswa di SMPN 8 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_SAMPUL_BKPI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_LEMBAR PERSETUJUAN_BKPI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_LEMBAR PENGESAHAN_BKPI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_ABSTRAK_BKPI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_DAFTAR ISI_BKPI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_BAB 1_BKPI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_BAB 2_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_BAB 3_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_BAB 4_BKPI.pdf

Download (330kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_BAB 5_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_DAFTAR PUSTAKA_BKPI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
MERI NOFITA SARI. N_21381092019_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf

Download (193kB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kontrol diri Pengendalian diri sangat penting untuk menghindari diri dari perilaku yang menyimpang. Diketahui banyak terjadi perilaku menyimpang pada remaja seperti, kenakalan yang sering dilakukan oleh peserta didik. Bimbingan kelompok menjadi salah satu faktor layanan yang membantu untuk mengontrol diri mereka. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap kontrol diri pada siswa di sekolah, 2. Bagaimana hasil pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kontrol diri siswa di sekolah, 3. Faktor apa saja yang mendukung bimbingan kelompok terhadap kontrol diri pada siswa di sekolah. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian yaitu: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap kontrol diri pada siswa di sekolah, 2. Untuk mengetahui hasil pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kontrol diri siswa di sekolah, 3. Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mendorong bimbingan kelompok terhadap kontrol diri pada siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Informan dalam penelitian ini yakni, 1 guru BK, 6 siswa. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, dan triangulasi metode dan sumber. Dengan harapan peneliti dapat mendapatkan informasi yang valid tentang suatu keadaan yang ada disana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1. Pelaksanaan bimbingan kelompok di SMPN 8 ini di awali dengan Tahap Awal: Guru BK atau konselor menyapa peserta didik/konseli dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat dll, Tahap Inti: Guru BK membagi siswa ke dalam kelompok kecil untuk berdiskusi tentang pengalaman mereka terkait kontrol diri dll, 3. Tahap Penutup: Guru BK mengajak siswa menyimpulkan hasil kegiatan dan memberikan penguatan tentang pentingnya kontrol diri dll. 2. Keberhasilan siswa dalam memahami materi tentang kontrol diri tidak hanya ditentukan oleh metode yang digunakan, tetapi juga oleh bagaimana guru BK dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan menarik selama sesi bimbingan kelompok. 3. Faktor internal dan eksternal yang mendorong layanan bimbingan kelompok terhadap kontrol diri menunjukkan peran penting keduanya. Faktor internal seperti kesadaran diri dan kepercayaan diri peserta mendorong mereka untuk lebih terbuka dan aktif dalam proses bimbingan. Sementara itu, faktor eksternal seperti dukungan dari guru, teman sebaya, dan keluarga sangat berpengaruh dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan peserta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:43
Last Modified: 29 Jul 2025 08:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8457

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item