Hasanah, Nurul (2020) Penerapan Teknik Modeling Dalam Mengatasi Ketakutan Siswa Berpendapat di Kelas XI di SMA Tahfidz Al-Fudhola Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_Cover_BKPI.pdf Download (168kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf Download (147kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf Download (258kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_Abstrak_BKPI.pdf Download (145kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_Daftar_Isi_BKPI.pdf Download (147kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_BAB_I_BKPI.pdf Download (490kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_BAB_II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_BAB_III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_BAB_IV_BKPI.pdf Download (346kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_BAB_V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf Download (147kB) |
|
Text
Nurul_Hasanah_20160701090108_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_BKPI[1].pdf Download (115kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya siswa yang mengalami ketakutan dalam mengemukakan pendapat di kelas, sehingga bisa berdampak pada pelajarannya di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu mengatasi ketakutan siswa dalam berpendapat dikelas Di SMA Tahfidz Al-Fudhola Pamekasan. Ada tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: 1) Apa saja faktor yang mempengaruhi siswa takut berpendapat didalam kelas di SMA Tahfidz Al-Fudhola Pamekasan? 2) Bagaimana cara menyelesaikan permasalahan siswa yang takut berpendapat dikelas dengan menggunakan teknik modeling di SMA Tahfidz Al-Fudhola Pamekasan ? 3) Bagaimana cara melatih siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan mampu menyatakan pendapatnya didalam kelas di SMA Tahfidz Al-Fudhola Pamekasan ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur dan terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi partisipan dan non partisipan. Informannya adalah kepala sekolah, guru BK, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Faktor yang mempengaruhi siswa takut berpendapat dikelas di SMA Tahfidz Al-Fudhola Pamekasan yaitu disebabkan karena kurangnya percaya diri dan faktor bulying. Kedua, Cara menyelesaikan permasalahan siswa yang takut berpendapat dikelas menggunakan teknik modeling di SMA Tahfidz Al-Fudhola Pamekasan yaitu peneliti memberikan bantuan langsung kepada konseli yang memiliki permasalahan takut dalam berpendapat menggunakan teknik modeling. Ketiga, Cara melatih siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan mampu menyatakan pendapat di SMA Tahfidz Al-Fudhola Pamekasan yaitu Membangun komunikasi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 04:31 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/87 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |