Jauhari, Achmad (2020) Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Cover_ BKPI.pdf Download (178kB) |
|
Text
c) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Lembar_ Persetujuan_ Pembimbing_ BKPI.pdf Download (200kB) |
|
Text
d) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Lembar_ Pengesahan_ BKPI.pdf Download (333kB) |
|
Text
e) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Abstrak_ BKPI.pdf Download (59kB) |
|
Text
f) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Daftar_ Isi_ BKPI.pdf Download (155kB) |
|
Text
g) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Bab I_ BKPI.pdf Download (308kB) |
|
Text
h) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Bab II_ BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
i) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Bab III_ BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
Text
j) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Bab IV_ BKPI.pdf.pdf Download (330kB) |
|
Text
k) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Bab V_ BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
l) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Daftar_ Pustaka_ BKPI.pdf.pdf Download (128kB) |
|
Text
b) Achmad Jauhari_ 20160701090005_ Surat_ Pernyataan_ Keaslian_ Karya_ BKPI.pdf.pdf Download (363kB) |
Abstract
Penelitian ini berusaha untuk mejelaskan tentang pelaksanaan konseling behavioural dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan yang terjadi pada siswa di sekolah dengan gejala-gejala umum seperti: memandang masa depan dengan rasa was-was, sering merasa tidak salah atau menyalahkan orang lain, tidak mudah mengalah atau suka ngotot, kalau sedang emosi seringkali bertindak histeris. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana kecemasan-kecemasan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?, 2) Bagaimana penerapan konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?, 3) Apa hambatan-hambatan penerapan konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menjadikan Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong Pamekasan sebagai lokus penelitian. Teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian ini adalah dengan analisis dekriftif melalui tahapan reduksi data, display data/penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya untuk mengecek keabsahan data penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kecemasan-kecemasan siswa yang terjadi di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, dapat dilihat/diketahui melalui gejala-gejala seperti: Rasa khawatir, Tidak tenang, Kurang percaya diri, Mudah tersinggung, Suka membesar-besarkan masalah yang kecil (dramatisasi), dan Seringkali mengulang-ulang pertanyaan/jawaban. Kedua, penerapan konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan dapat diketahui melalui beberapa cara dan strategi: guru BK memberikan layanan konseling SFBT (Solution Focus Brief teraphy), guru BK melakukan kolaborasi, guru BK melakukan home visite atau kunjungan rumah, Sebelum melakukan kegiatan konseling terlebih dahulu melakukan konsultasi. Ketiga, hambatanhambatan penerapan konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan dapat diketahui dari dua faktor 1) faktor internal, yaitu siswa masih merasa bingung dengan yang dihadapinya, kurang terbuka atau acuh tak acuh saat proses konseling berlangsung, 2) faktor eksternal, yaitu tidak adanya jam masuk kelas untuk guru bk di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, tidak memadai atau kurangnya sarana dan prasarana, tidak maksimalnya waktu dalam pelaksanaanya konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 04:32 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:38 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/89 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |