Motivasi guru agama bagi siswa dalam meraih prestasi di universitas favorit (Studi kasus Alumni SMAN 1 Pamekasan yang kuliah di PTN/PTKIN)

Mrs, Jamila (2020) Motivasi guru agama bagi siswa dalam meraih prestasi di universitas favorit (Studi kasus Alumni SMAN 1 Pamekasan yang kuliah di PTN/PTKIN). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (114kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (114kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (119kB)
[img] Text
4 ABSTRAK - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (171kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (301kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (23kB)
[img] Text
7 BAB I - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (638kB)
[img] Text
8 BAB II - JAMILA 20160701010069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
9 BAB III - JAMILA 20160701010069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
10 BAB IV - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (587kB)
[img] Text
11 BAB V - JAMILA 20160701010069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (265kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (123kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (430kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP - JAMILA 20160701010069.pdf

Download (26kB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi, Guru Agama, Prestasi diterima di universitas favorit Alumni SMA Negeri 1 Pamekasan banyak yang melanjutkan pendidikan bahkan diterima di perguruan tinggi favorit, hal ini karena langkah pendidikan yang ditempuh sedari sekolah menengah atas adanya pengaruh sekolah yang berkontribusi besar dan dukungan dari semua guru SMAN 1 Pamekasan sebagai pendorong, penggerak, dan penguat siswa untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi serta ada kemauan dari siswa yang terus mencari ilmu, dua pengaruh tersebut adalah jembatan keberhasilan Alumni diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, Mengapa guru penting memberikan pesan agama sebagai motivator kepada siswa untuk berhasil masuk keperguruan tinggi?. Kedua, Apa bentuk-bentuk motivasi dari guru agama kepada siswa yang bisa meraih prestasi yang diterima di universitas?. Ketiga, Apa yang menjadi faktor siswa SMAN 1 Pamekasan lulus di universitas favorit? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. informannya adalah Kepala Sekolah, Guru Agama, Guru BK, serta Alumni dari SMA Negeri 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Guru agama memberi motivasi melalui pesan agama karena guru agama memiliki peranan penting dalam kesuksesan siswa, sehingga guru selalu menjadi motivator bagi siswa untuk bertawakkal kepada Allah SWT agar menjadi orang yang beruntung. 2) Bentuk motivasi yang dilakukan oleh guru agama adalah memberi saran dan nasehat yang disampaikan dengan kalimat positif agar sampai pada siswa dan diterima dengan baik oleh siswa. 3) Faktor yang mempengaruhi siswa bisa di terima di universitas dari kekuatan do’a orang tua dan guru serta usaha siswa bersungguh-sungguh dalam belajar dan bermohon kepada Allah melalui peningkatan ibadah dengan niat mencari ridho Allah SWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:14
Last Modified: 18 Jul 2024 01:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1085

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item