Sugiandyika, Sugiandyika (2021) Upaya Guru Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembiasaan di SLB Api Alam Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A.Sugiandyika_20170701011133_Cover_PAI.pdf Download (158kB) |
|
Text
C.Sugiandyika_20170701011133_Lembar Persetujuan_PAI.pdf Download (211kB) |
|
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (201kB) |
|
Text
E.Sugiandyika_20170701011133_Abtrak _PAI.pdf Download (150kB) |
|
Text
F.Sugiandyika_20170701011133_Daftar Isi _PAI.pdf Download (93kB) |
|
Text
G.Sugiandyika_20170701011133_Bab 1 _PAI.pdf Download (380kB) |
|
Text
H.Sugiandyika_20170701011133_Bab 2 _PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
|
Text
I.Sugiandyika_20170701011133_Bab 3 _PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
J.Sugiandyika_20170701011133_Bab 4 _PAI.pdf Download (347kB) |
|
Text
K.Sugiandyika_20170701011133_Bab 5 _PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
I.Sugiandyika_20170701011133_Daftar Pustaka _PAI.pdf Download (164kB) |
|
Text
surat pernyataan keaslian tulisan.pdf Download (91kB) |
Abstract
Kata Kunci: UpayaGuru PAI, Kedisiplinan Belajar, Metode pembiasaan Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SLB Api Alam Pamekasan, terdapat Guru PAI berupaya meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang memiliki kekurangan dengan menggunakan Metode Pembiasaan oleh Guru PAI di SLB Api Alam Pamekasan, hal ini dilakukan karena layanan pendidikan tidak hanya di peroleh oleh anak yang normal saja akan tetapi anak yang mempunyai kekurangan juga berhak memperoleh layanan pendidikan untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mengingat dalam meningkatkan kedisiplinan belajar bagi siswa yang mempunyai keterbatasan sangat sulit maka di perlukan metode pembiasaan untuk membiasakan siswa dalam kehidupan sehari hari yang di terapkan di lingkungan dan keluarga.Ada dua fokus yang menjadi kajian utama peneliti, yaitu: 1) Bagaimana Upaya Guru PAI Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembiasaan di SLB Api Alam Pamekasan 2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SLB Api Alam Pamekasan. Penelitian ini merupakan pelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data dan menyajikan data menyajikan data dan verifikasi data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan kedisiplinan belajar siswa melalui metode pembiasaan yaitu: a) Guru Membiasakan siswa berdoa sebelum memulai pelajaran dan mengakhiri pelajaran. b) Memberikan Bimbingan dan Motivasi belajar kepada siswa pada saat proses pembelajaran. c) Memberikan Reward dan Stimulus untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Guru Pendidikan agama islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SLB Api Alam Pamekasan, faktor penghambatnya yaitu: a) Faktor internal siswa, sebagian orang tua tidak mendukung anaknya belajar dan dan sebagian ada yang memberikan dukungan b) Keterbatasan waktu guru dalam mengajar dan menerapkan metode pembelajaran. Faktor pendukungnya yaitu: a) Profesionalisme guru dalam mengelola pembelajaran b) Media Pembelajaran yang mendukung pembelajaran yang dikelola oleh Guru Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71H ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 May 2021 05:06 |
Last Modified: | 03 May 2021 05:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1346 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |