Fajariyah, Nurul (2021) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Siswa Kelas X IPA 6 MAN 2 Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_Cover_TBIN.pdf Download (76kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_Lembar _Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf Download (190kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf Download (265kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_Abstrak_TBIN.pdf Download (101kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_Daftar_Isi_TBIN.pdf Download (109kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_BAB_I_TBIN.pdf Download (146kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_BAB_II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_BAB_III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_BAB_IV_TBIN.pdf Download (510kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_BAB_V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf Download (104kB) |
|
Text
Nurul Fajariyah_20170701072082_Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf Download (240kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Jigsaw Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Dalam kegiatan berbahasa, berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk diperhatikan. Setiap hari siswa dihadapkan dengan kegiatan berbicara, dan melakukan aktivitas berbicara. Akan tetapi, fakta di lapangan menyatakan bahwa kompetensi pembelajaran keterampilan berbicara siswa yang terjadi di kelas X MAN 2 Pamekasan khususnya pada siswa kelas X IPA 6 masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Pamekasan dengan subjek penelitian siswa kelas X IPA 6 yang mempunyai absen ganjil berjumlah 18 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penulis menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis &Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja/kinerja, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif untuk mencari nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, model pembelajaran Jigsaw mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X IPA 6 MAN 2 Pamekasan. Kedua, peningkatan ini ditunjukkan oleh hasil yang diperoleh siswa dimulai dari siklus I hingga pada siklus II. Pada siklus I, hasil yang diperoleh siswa sebesar 63,65, hasil tersebut masih belum mencapai tingkat keberhasilan yang diharapkan. Pada siklus I masih terdapat beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran, oleh karena itu kekurangan tersebut harus diperbaiki pada siklus II. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat sebesar 16,03, sehingga menjadi 79,68. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa meningkat dan telah mencapai tingkat keberhasilan yang diharapkan, yaitu 75
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 May 2021 05:28 |
Last Modified: | 03 May 2021 05:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1357 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |