Fitri, Anisah (2021) Penggunaan Promosi Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Batik Pada Rumah Batik MJ Di Desa Toronan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_Cover_ES.pdf.pdf Download (93kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf.pdf Download (97kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_Lembar Pengesahan_ES.pdf.pdf Download (525kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_Abstrak_ES.pdf.pdf Download (11kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_Daftar_Isi_ES.pdf.pdf Download (41kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_BAB I_ES.pdf.pdf Download (216kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_BAB II_ES.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_BAB III_ES.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_BAB IV_ES.pdf.pdf Download (560kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_BAB V_ES.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_Daftar_Pustaka_ES.pdf.pdf Download (151kB) |
|
Text
Anisah Fitri_ 20170703032029_ Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_ES.pdf.pdf Download (175kB) |
Abstract
Kata Kunci : Promosi, Media Sosial, Batik Rumah Batik MJ merupakan salah satu tempat usaha yang bergerak dalam bidang batik yang berada di Desa Toronan. Rumah Batik MJ memulai usahanya setelah megikuti pelatihan yaitu pada tahun 2015 sampai saat ini. Jadi, Rumah Batik MJ disini termasuk salah satu yang mempunyai usaha baru dalam bidang batik yang berada di Desa Toronan. Pada tahun 2015 pertama memulai usahanya Rumah Batik MJ mempromosikan hanya dengan cara menjualnya dipasar pada hari-hari tertentu, akan tetapi pada tahun 2017 sampai saat ini sudah mempromosikan secara online menggunakan media sosial. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penggunaan media sosial sebagai alat promosi dalam upaya menigkatkan penjualan batik pada Rumah Batik MJ; kedua, apakah dalam penggunaan promosi media sosial yang digunakan oleh Rumah Batik MJ dapat meningkatkan penjualan batik sesuai dengan ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pemilik Rumah Batik MJ dan pekerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan media sosial sebagai alat promosi dalam upaya meningkatkan penjualan batik pada Rumah Batik MJ yaitu memposting batik dari hasil karyanya sendiri di akun media sosialnya seperti facebook dan whatsApp, dengan tujuan supaya batik yang dipromosikan tersebut dikenal oleh banyak orang. Sehingga dengan meng unakan media sosial juga dapat mempermudah dalam bertransaksi, dapat mempermudah dalam menyampaikan informasi dan dapat membantu menemukan kosnumen baru dan memperluas target pasar. Kedua, dalam penggunaan promosi media sosial yang digunakan oleh Rumah Batik MJ dapat meningkatkan penjualan batik sesuai dengan ekonomi Islam dikarenakan ketika melakukan promosi lewat media sosial informasi yang diberikan sesuai dengan keadaan produk asliny a dan tidak mengandung unsur gharar didalamnya, karena pihak Rumah Batik MJ menjelaskan secara detail terhadap produk yang dijualnya supaya tidak merusak kepercayaan konsumen dan juga agar tidak ada pihak yang dirugikan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m73C ?? ?? m_212 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:24 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1513 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |