Irfan, Irfan (2021) Implementasi Nilai-Nilai Agama Dalam Mempengaruhi Perilaku Belajar Di SMK Al-Hikam Jambringin Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Irfan-201707010421088-Sampul-MPI.pdf Download (34kB) |
|
Text
c. Irfan-201707010421088-Halaman Persetujuan-MPI.pdf Download (22kB) |
|
Text
d. Irfan-201707010421088-Halaman Pengesahan-MPI.pdf Download (32kB) |
|
Text
e. Irfan-201707010421088-Abstrak-MPI.pdf Download (15kB) |
|
Text
f. Irfan-201707010421088-Daftar Isi-MPI.pdf Download (15kB) |
|
Text
g. Irfan-201707010421088-BAB I-MPI.pdf Download (52kB) |
|
Text
h. Irfan-201707010421088-BAB II-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
i. Irfan-201707010421088-BAB III-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
j. Irfan-201707010421088-BAB IV-MPI.pdf Download (138kB) |
|
Text
k. Irfan-201707010421088-BAB V-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
l. Irfan-201707010421088-Daftar Pustaka-MPI.pdf Download (23kB) |
|
Text
b. Irfan-201707010421088-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf Download (15kB) |
Abstract
Kata Kunci: Nilai Agama, Perilaku Belajar Nilai agama adalah sejumlah tata aturan yang menjadi pedoman manusia agar dalam setiap tingkah lakunya sesuai dengan ajaran agama Islam sehingga dalam kehidupannya dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan lahir dan batin dunia dan akhirat. Sedangkan perilaku belajar adalah perubahan tingkah laku dalam kegiatan belajar karena belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi di dalam diri organisme tersebut, sehingga perilaku belajar tersebut dilakukan untuk proses usaha individu untuk memperoleh perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaiman implementasi nilai-nilai agama dalam mempengauhi perilaku belajar di SMK Al-Hikam Jambringin Proppo Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan nilai-nilai agama terhadap perilaku belajar di SMK Al-Hikam Jambringin Proppo Pamekasan. Peneliti dalam melakukan penelitia ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, guru. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan peneliti, triangulasi dengsn ketekunan peneliti/pengamat. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi nilai-nilai agama dalam mempengauhi perilaku belajar di SMK Al-Hikam Jambringin Proppo Pamekasan berupa proses pembelajaran dan 3S (senyum sapa salam), guru memanggil salam pada saat masuk ruang kelas dan begitu juga murid, membaca yasin dan doa pada saat memulai pelajaran dan sesudah pelajaran kemudian mematikan mesin kendaraan pada saat lewat depan guru serta pakaian yang sopan dalam mempengaruhi prilaku akhlak peserta didik. Kedua, Faktor yang mempengaruhi penerapan nilai-nilai agama terhadap perilaku belajar di SMK Al-Hikam Jambringin Proppo Pamekasan yaitu kurang sadarnya dari setiap individual akan pentingnya akhlak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m_088 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:52 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:52 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1542 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |