Mrs, Holifah (2021) Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Ma. Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Holifah_20170701092043_Cover_BKPI.pdf Download (114kB) |
|
Text
c) Holifah_20170701092043_Lembar_Persetujuan_BKPI.pdf Download (177kB) |
|
Text
d) Holifah_20170701092043_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf Download (711kB) |
|
Text
e) Holifah_20170701092043_Abstrak_BKPI.pdf Download (87kB) |
|
Text
f) Holifah_20170701092043_Daftar_Isi_BKPI.pdf Download (95kB) |
|
Text
g) Holifah_20170701092043_BAB I_BKPI.pdf Download (444kB) |
|
Text
h) Holifah_20170701092043_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
i) Holifah_20170701092043_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
|
Text
j) Holifah_20170701092043_BAB IV_BKPI.pdf Download (642kB) |
|
Text
k) Holifah_20170701092043_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
l) Holifah_20170701092043_Daftar_Rujukan_BKPI.pdf Download (185kB) |
|
Text
b) Holifah_20170701092043_Surat_Pernyataan_Keaslian_BKPI.pdf Download (29kB) |
Abstract
Kata kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Modeling, Motivasi Belajar Pendidikan di Indonesia memegang peranan penting dalam proses kegiatan belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi siswa. Namun, pada saat ini kegiatan belajar sangat berkurang untuk peserta didik karena kebanyak siswa sekarang lebih mementingkan kegiatan bermain dari pada belajar. sehingga siswa kurang dalam motivasi belajarnya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi pembahasan pada penelitian ini, pertama, bagaimana efektivitas layanana bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Kedua, seberapa besar efektivitas layanan bim,bingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre- exsperimental design dengan menggunakan desain one-group pretest posttest. Sampel yang diambil sebanyak 35 siswa yang diambil secara random sampling. Pada teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dengan jumlah item sebanyak 24 item. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama, hasil uji statistik diatas sudah menunjukkan bahwa ada perbedaan atau perubahan sebelum /dan setellah diberikan perlakuan/treatment dengan melakukan bimbingan kelompok menggunakan teknik modeling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kedua, berdasarkan hasil analisis data yang digunakan, diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 79,69 dan nilai posttest sebesar 89,11 dengan memperoleh N-gain sebesar 0,46 sehingga nilai posttest lebih tinggi dari pada nilai pretest. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji paired sample t test, diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa efektivitas bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik modeling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:50 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1590 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |