Septiani, Anggi (2021) Model Bimbingan Perencanaan Karir Dalam Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi Bagi Siswa Sma Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (238kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (217kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (240kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (528kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (410kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (406kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (234kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (328kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (204kB) |
Abstract
Kata kunci: Perencanaan Karir, Pemilihan Jurusan Guru Bimbingan dan Konseling sangat penting dalam upaya pengembangan peserta didik baik di bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. Bimbingan konseling keberadaannya sangat dibutuhkan, khususnya untuk membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir. Program pendidikan yang baik merupakan program pendidikan yang memiliki layanan bimbingan dan konseling salah satunya berupa perencanaan karir disekolah yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling. oleh karena itu, guru bimbingan dan konseling harus benar-benar memperhatikan setiap perencanaan karir peserta didik, sehingga dapat peserta didik dapat mencapai tujuan sekolah dengan hasil semaksimal mungkin. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaan model bimbingan perencanaan karir dalam pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi bagi siswa SMA Negeri 1 Pamekasan; kedua, apa saja faktor pendukung dan hambatan dalam pelaksanaan bimbingan perencanaan karir dalam pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi bagi siswa SMA Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti. Seperti guru BK, guru wali kelas XII, dan siswa di SMA Negeri 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan model bimbingan perencanaan karir dalam pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi bagi siswa SMA Negeri 1 Pamekasan menggunakan dua layanan, adapun untuk perencanaan karirnya yaitu: Layanan Informasi yang pelaksanaanya menggunakan media brosur, pohon karir, dan bimbingan klasikal. Kemudian bimbingan kelompok yang dikelompokkan berdasarkan kelompok perminatan yang telah diketahui melalui angket. Kedua, faktor pendukung dan penghambat. dalam hal ini yang menjadi faktor pedukung yaitu: kesukarelaan siswa mengikuti layanan bimbingan konseling, adanya pohon karir, dan adanya alumni yang sudah dikatakan berhasil menjadi narasumber. sedangkan faktor pengambat dalam hal ini adalah: guru BK tidak memiliki jam masuk kelas, nilai tidak mecapai kriteria jurusan yang diinginan, keinginan orang tua dan anak berbeda, dan siswa tidak mempunyai pandangan terhadap jurusan apa yang akan dipilih.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:47 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1595 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |