Penerapan Konseling Kelompok dengan menggunakan teknik Reframing untuk meningkatkan Interaksi Sosial Siswa kelas VII di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan

Untsa, Uzlifatul (2021) Penerapan Konseling Kelompok dengan menggunakan teknik Reframing untuk meningkatkan Interaksi Sosial Siswa kelas VII di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Uzlifatul Untsa-20170701092108- Cover-BKPI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Uzlifatul untsa20170701092108lembarpersetujuan.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Uzlifatul untsa20170701092108Halamanpengesahan.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Uzlifatul Untsa-20170701092108-Abstrak-BKPI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Uzlifatul Untsa-20170701092108-Daftar Isi-BKPI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Uzlifatul Untsa-20170701092108-BAB 1-BKPI.pdf

Download (833kB)
[img] Text
Uzlifatul Untsa-20170701092108-BAB II- BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
Uzlifatul Untsa-20170701092108-BAB III-BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
Uzlifatul Untsa-20170701092108-BAB IV- BKPI.pdf

Download (710kB)
[img] Text
Uzlifatul Untsa-20170701092108-BAB V-BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
Uzlifatul Untsa-20170701092108-Daftar Pustaka-BKPI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Uzlifatul Untsa 20170701092108 surat keaslian.pdf

Download (209kB)

Abstract

Kata Kunci : Konseling Kelompok, Teknik Reframing, Interaksi Sosial Interaksi Sosial diartikan sebagai masalah yang dihadapi siswa berkaitan dengan sekolah, dipersepsikan secara negatif, dan berdampak pada kesehatan fisik, psikis, dan performansi belajarnya. Dari hasil observasi disekolah masalah Interaksi Sosial dialami oleh siswa, ini merupakan masalah yang penting yang perlu mendapatkan perhatian yang serius oleh guru BK dan wali kelas, karena Interaksi Sosial pada siswa akan membawa dampak yang negative terhadap hasil belajar nya. kasus tersebut juga di alami oleh siswa Di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan Kelas VII Karena banyak siswa yang merasa malu dan tidak percaya diri dalam berinteraksi sosial. Peneliti telah mengobservasi langsung untuk memastikan adanya permasalahan Interaksi Sosial di MTs Nadliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan. Maka dari itu diperlukan layanan berupa konseling kelompok menggunakan teknik Reframing. Melalui teknik ini diharapkan siswa dilatih untuk bisa meningkatkan Interaksi Sosial. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pembahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu bagaimana penerapan konseling kelompok menggunakan teknik Reframing untuk meningkatkan Interaksi Sosial siswa kelas VII di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif jenis Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Prosedur pengumpulan datanya yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajiyan data, dan kesimpulan verivikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan waktu, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat penurunan hasil rata-rata dari prapenelitian dengan hasil (60,4) siklus I (80,8) dan siklus II (89,8). Dengan peniw5 ngkatan presentase siswa pada pra-penelitian dengan uraian sebagai berikut: terdapat 4 siswa (80%) dengan kategori Rendah, 1 siswa (20%) dengan kategori Sedang. Siklus I terdapat 2 siswa (40%) dengan kategori Sedang, 3 siswa (60%) dengan kategori Tinggi. Sedangkan pada siklus II menjadi 1 siswa (20%) dengan kategori Sedang, dan 4 siswa (80%) dengan kategori Tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_075 ??
?? m_133 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:56
Last Modified: 10 Jul 2023 02:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1617

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item