Dwi Saputri, Alvinda (2021) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Media Konkret di Kelas IV SD Plus Al-Firdaus Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_Cover_PGMI.pdf Download (111kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf Download (14kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf Download (148kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_Abstrak_PGMI.pdf Download (89kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (93kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_BAB I_PGMI.pdf Download (321kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_BAB II_PGMI.pdf Download (199kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_BAB IV_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (221kB) |
|
Text
Alvinda Dwi Saputri_201070701052009_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (145kB) |
Abstract
Kata Kunci: Hasil Belajar, Penggunaan Media Konkret, Mata Pelajaran IPS Saat ini, terdapat beberapa guru yang ditemukan masih melakukan penyampaian ilmu atau informasi kepada siswa hanya menggunakan media atau alat bantu seadanya saja. Guru masih menerapkan metode ceramah yang pada umumnya sudah biasa dilakukan, sehingga membuat hasil belajar siswa menjadi kurang. Hal ini membuat guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat dengan mudah membantu menyampaikan materi, seperti penggunaan media konkret pada saat pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga rumusan masalah yang ada pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan penggunaan media konkret dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Plus Al-Firdaus. kedua, bagaimana pelaksanaan penggunaan media konkret dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran di SD Plus AlFirdaus, dan ketiga, bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS setelah diterapkan media konkret di SD Plus Al-Firdaus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan untuk memperoleh data pada saat proses kegiatan belajar dan observasi. Sedangkan untuk pendekatan penelitian kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil tes disetiap siklus atau tindakan yang sudah dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari Guru kelas IV, dan salah satu siswa kelas VI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, dalam perencanaan penerapan media konkret di kelas IV SD Plus Al-Firdaus pada mata pelajaran IPS, terdapat beberapa hal yang perlu direncanakan agar pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan lancar. Perencanaan dilakukan sesuai dengan materi pembelajaran yang dipelajari. Pada saat siklus 1 mengalami peningkatan sebanyak 3% yaitu (67,61%) dari (64,88%) sebelum diberikan tindakan, materi yang dijelaskan guru tentang sebuat atlas. Guru membawakan dan menunjukan kepada siswa sebuah atlas sebagai media konkret. Guru meminta siswa untuk menunjuk letak provinsi yang disebutkan oleh guru. Misalnya, tunjukkan letak provinsi Jambi. Kemudian, siswa menunjukan letak provinsi tersebut di dalam atlas. Siklus ke 2 mengalami peningkatan juga sebanyak 3% yaitu (70,05%) dari (67,61%), materi yang diberikan oleh guru mengenai baju adat daerah. Guru menyiapkan serta memakai salah satu contoh baju adat daerah sebagai media konkret kepada siswa dalam materi pembelajaran tersebut. Sehingga, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Kedua, penerapan penggunaan media konkret dilaksanakan dengan mengikuti pedoman Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah dibuat sebelumnya. Sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Ketiga, dapun hasil dari penerapan media konkret pada mata pelajaran IPS kelas IV yang sudah diterapkan selama 2 siklus, hasilnya berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_048 ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:50 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1621 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |