Annes, Misbahol (2021) Pengembangan Kecerdasan Intelektual Siswa Melalui Strategi Heuristik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Pragaan Laok 1 Pragaan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Misbahol Annes_20170701052040_cover_PGMI.pdf Download (45kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_halaman persetujuan_PGMI.pdf Download (115kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_halaman pengesahan_PGMI.pdf Download (365kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_abstrak_PGMI.pdf Download (6kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_daftar isi_PGMI.pdf Download (7kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_BAB I_PGMI.pdf Download (281kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_BAB IV_PGMI.pdf Download (462kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_BAB V-PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_daftar rujukan_PGMI.pdf Download (354kB) |
|
Text
Misbahol Annes_20170701052040_pernyataan keaslian tulisan_PGMI.pdf Download (193kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Heuristik, Meningkatkan Kecerdasan Intelektual, Mata Pelajaran IPA. Strategi heuristik merupakan pembelajaran yang menitik beratkan pada aktivitas belajar, membantu dan membimbing peserta didik jika menemui kesulitan dan membantu mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya. Penggunaan strategi pembelajaran ini, yang mencari dan mengolah pesan (materi pelajaran) ialah siswa. Guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing kegiatan belajar siswa, oleh karena itu strategi heuristik dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan intelektual siswa khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian, yaitu : Pertama, bagaimana Pengembangan Kecerdasan Intelektual Siswa Melalui Strategi Heuristik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Pragaan Laok 1, Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat Pengembangan Kecerdasan Intelektual Siswa melalui Strategi Heuristik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Pragaan Laok 1 Pragaan Sumenep, Ketiga, Bagaimana Hasil Pengembangan Kecerdasan Intelektual Siswa Melalui Strategi Heuristik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Pragaan Laok 1 Pragaan Sumenep. Penelitian ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Pertama, pengembangan kecerdasan intelektual siswa melalui strategi heuristik yaitu siswa diminta memahami materi yang disiapkan oleh guru, kemudian siswa menulis penemuannya dipapan tulis, siswa diminta membuat media pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran IPA, siswa diminta menulis kembali dan menyampaikan sekaligus menjelaskan kepada teman-temannya, dan pada akhir pembelajaran siswa mampu menyimpulkan pembelajaran IPA dengan fasih dan menyenangkan. Kedua, faktor pendukung berupa sarana dan prasarana dan faktor penghambatnya yaitu keluarga dan lingkungan. Ketiga, hasil pengembangan kecerdasan intelektual siswa melalui strategi heuristik pada mata pelajaran IPA kelas IV yaitu adanya kemajuan dalam intelektual siswa yaitu dari awal kecerdasan intelektual siswa 45% setelah menggunakan strategi heuristik mencapai 95% dan terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71C ?? ?? m71E ?? ?? m_048 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:35 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:35 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1641 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |