Umamah, Nurul (2021) Pengaruh Sikap Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN Klampar 3 Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (80kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (90kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (172kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (133kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (592kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (102kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (42kB) |
|
Text
Surat Bebas Plagiasi.pdf Download (216kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUD.pdf Download (50kB) |
Abstract
Kata Kunci :Sikap Sosial, Prestasi Belajar Sikap sosial merupakan interaksi yang dilakukan oleh seseorang atau individu terhadap objek sosial secara terus menerus atau berulang-ulang. Sikap sosial penting ditanamkan sejak dini karena, sikap sosial mengajarkan manusia bahwa pada hakikatnya manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan dari orang lain. Menurut Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono dalam pendidikan sikap sosial merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar. Sikap sosial ini terbagi menjadi sikap jujur, disiplin, percaya diri, sopan santun, peduli, tanggung jawan dan kerja keras. Prestasi belajar merupakan hasil tolak ukur dalam proses pembelajaran. Prestasi belajar diukur dengan adanya ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Tujuan dari penelitian ini yakni pertama, untuk mengetahui pengaruh dari sikap sosial terhadap prestasi belajar siswa kedua, untuk mengetahui seberapa besara pengaruh sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar siswa di SDN Klampar 3 Proppo Pamekasan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus yang digunakan adalah product moment dan instrument penelitian yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan diterima tidaknya hipotesis yang diajukan peneliti, maka nilai “r” kerja dibandingkan dengan nilai “r” tabel. Diketahui nilai “r” tabel pada N=18 terhadap interval kepercayaan 95% sebesar 0,312.Dari hasil analisis tersebut, maka hasil yang diperoleh nilai “r” kerja lebih besar dari nilai “r” tabel product moment, maka dari hasil penelitian tersebut dinyatakan ”ada pengaruh”. Sedangkan untuk besar pengaruh sikap sosial terhadap prestasi belajar siswa adalah berdasarkan analisis data pada tabel interprestasi product moment bahwa “r” kerja 0,472 berada diantara 0,40-0,70. Maka dari itu, besar pengaruhnya adalah “sedang atau cukup”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 07:52 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:39 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1647 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |