Kusyairi, Akh (2021) Urgensi Program Akselerasi Fikihs dalam Menciptakan Generasi Faqih dan Afqoh di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_Cover_PAI.pdf Download (117kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_Lembar-_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (188kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (229kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_Abstrak_PAI.pdf Download (192kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (92kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_BAB I_PAI.pdf Download (428kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_BAB IV_PAI.pdf Download (370kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_Daftar_Rujukan_PAI.pdf Download (300kB) |
|
Text
Akh Kusyairi_ 20170701011019_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PAI.pdf Download (91kB) |
Abstract
Kata Kunci: Akselerasi Fikihs, Generasi Faqih dan Afqoh. Pondok pesantren yang senantiasa dikenal sebagai pondok salafi yang dicirikan mempertahankan tradisi pembelajaran ilmu fikih tradisional seperti model sorogan, bandongan, dan weton, sejak tahun 2012 salah satu pondok pesantren yaitu Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan menyediakan satu program akseleratif untuk mempermudah penguasaan dan kemampuan memahami Ilmu Fikih dalam hal ini dikemas atau diberi nama dengan Fikihs (Fikih Subtansi). Penelitian ini memiliki empat fokus penelitian sebagai berikut: Pertama: Apa yang melatarbelakangi munculnya program akselerasi fikihs di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan. Kedua: Bagaimana pelaksanaan program akselerasi fikihs di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan. Ketiga: Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam program akselerasi fikihs di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan. Keempat: Bagaimana hasil pelaksanaan program akselerasi fikihs dalam menciptakan generasi faqih dan afqoh di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi, sedangkan yang menjadi informan adalah santri akselerasi fikihs, tenaga pengajar program akselerasi fikihs, dan kepala badan otonom Fikihs. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi sumber dan waktu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1). Latar belakang munculnya program akselerasi fikihs di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan yaitu program yang lahir karena mengingat dan menimbang kebutuhan santri yang amat banyak dalam memperkaya keilmuan mereka dalam bidang fikih. Program tersebut berada dalam naungan otonom M2KD yang penggagasnya beliau RKH. Tohir Zain. 2). Pelaksanaan program akselerasi fikihs dilihat dari manajemen penyelenggaraan program akselerasi antara lain adalah rekrutmen santri dan kegiatan pembelajaran. 3). Faktor pendorong dan penghambat program akselerasi fikihs. 1. Faktor pendorong dilihat dari faktor internal dan eksternal: a. kesamaan tekad antara pengasuh, pengurus, pembimbing, dan peserta didik (santri). b. Rasio perbandingan guru pembimbing dengan peserta didik ideal b. Fasilitar belajar dan asrama yang standar. c. Dukungan Dewan A’wan atau pengasuh yang sangat besar. 2. Faktor penghambat a.Semangat belajar peserta didik yang fluktuatif. b. Perbedaan masing-masing peserta didik c. Kesulitan pembimbing untuk membuat rasa nyaman bagi peserta akselerasi, sehingga merasa kerasan berada di pondok. 4).Hasil pelaksanaan program akselerasi Fikihs yaitu akan menciptakan generasi yang faqih dan afqoh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 00:53 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1758 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |