Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar Seni Baca Al-Qur’an di MAN 2 Pamekasan

Umami, Rizal (2021) Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar Seni Baca Al-Qur’an di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a. Rizal Umami_ 20160701010157_Cover_PAI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
c. Rizal Umami_ 20160701010157_Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
d. Rizal Umami_ 20160701010157_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
e. Rizal Umami_ 20160701010157_Abstrak_PAI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
f. Rizal Umami_ 20160701010157_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
g. Rizal Umami_ 20160701010157_Bab I_PAI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
h. Rizal Umami_ 20160701010157_Bab II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
i. Rizal Umami_ 20160701010157_Bab III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
j. Rizal Umami_ 20160701010157_Bab IV_PAI.pdf

Download (444kB)
[img] Text
k. Rizal Umami_ 20160701010157_Bab V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
l. Rizal Umami_ 20160701010157_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
b. Rizal Umami_ 20160701010157_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (115kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Motivasi, Seni Baca Al-Qur’an. Penelitian ini di latarbelakangi oleh tuntutan pendidikan yang dapat melahirkan sumber daya manusia yang cerdas ilmu serta cerdas agama. Pendidikan yang akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas memerlukan strategi pembelajaran yang sesuai. Dalam proses pendidikan, siswa membutuhkan sebuah motivasi belajar agar pembelajaran lebih bermakna. Dari permasalahan tersebut guru harus dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar menggunakan strategi yang sesuai, khusunya dalam menempuh pendidikan yang berkarakter keislamanan seperti pembelajaran tilawah. Dalam hal ini peneliti membahas terkait Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Seni Baca Al-Qur’an Di MAN 2 Pamekasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui strategi guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar seni baca Al-Qur’an di MAN 2 Pamekasan. (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar seni baca Al-Qur’an di MAN 2 Pamekasan Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjuukan bahwa terdapat 4 strategi guru memotivasi siswa dalam belajar seni baca Al-Qur’an yaitu (1) Memberi contoh teladan tokoh yang sukses di bidang seni baca Al-Qur’an. (2) Menjelaskan tujuan dan keuntungan belajar seni baca Al-Qur’an. (3) Memberi apresiasi berupa penghargaan atau pujian kepada siswa. (4) Memberi arahan bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar seni baca Al-Qur’an. Sementara itu, terdapat 4 faktor pendukung dalam memotivasi siswa untuk belajar seni baca al-Qur’an yakni (1) Minat/kemauan diri siswa untuk belajar seni baca Al-Qur’an. (2) Dukungan keluarga/orang tua. (3) Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung berlangsungnya kegiatan seni baca Al-Qur’an dengan nyaman dan kondusif. (4) Pengaruh teman yang baik dalam belajar seni baca Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambat dalam memotivasi siswa untuk belajar seni baca al-Qur’an yakni (1) Kurangnya rasa percaya diri siswa. (2) Kurangnya keterbukaan diri siswa terhadap permasalahan yang dihadapi selama belajar seni baca Al-Qur’an. (3) Pengaruh teman yang kurang baik. (4) kurangnya tenaga guru yang ahli di bidang seni baca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:24
Last Modified: 25 Jan 2023 07:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1764

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item