Lailiyah, Syarifatul (2021) Eksistensi Ma’had Al-`Ulya sebagai Faktor Pendukung Peningkatan Minat Belajar Agama Siswa di MAN Sumenep. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_Cover_PAI.pdf Download (178kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (102kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_Abstrak_PAI.pdf Download (324kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (189kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_BAB I_PAI.pdf Download (502kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_BAB IV_PAI.pdf Download (716kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (201kB) |
|
Text
Syarifatul Lailiyah_20170701012137_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf Download (108kB) |
Abstract
Kata Kunci: Eksistensi Ma’had, Minat Belajar. Pendidikan merupakan upaya untuk menarik sesuatu dalam diri manusia, sebagai upaya memberikan pengalaman-pengalaman belajar yang terprogram. Pendidikan tidak hanya dilakukan dilakukan di lembaga formal akan tetapi pendidikan di lembaga non formal tidak kalah pentingnya dengan pendidikan di lembaga formal. Pendidikan norformal salah satunya yaitu pendidikan di dalam Ma’had. Berdasarkan hal tersebut terdapat tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ma’had Al-`Ulya sebagai faktor pendukung peningkatan minat belajar agama siswa di MAN Sumenep, kedua bagaimana strategi yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran Ma’had Al-`Ulya sebagai faktor pendukung peningkatan minat belajar agama siswa di MAN Sumenep, ketiga bagaimana keberhasilan eksistensi Ma’had Al-`Ulya sebagai faktor pendukung peningkatan minat belajar agama siswa di MAN Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah MAN Sumenep, pengasuh Ma’had Al-`Ulya MAN Sumenep, pengurus Ma’had Al-`Ulya MAN Sumenep, dan santri Ma’had Al-`Ulya MAN Sumenep. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, kekuatan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan pembelajaran di Ma’had Al-`Ulya meliputi kutubutturost dan ilmu praktis. kedua, strategi yang digunakan yaitu pengimplementasian ilmu agama melalui kegiatankegiatan di Ma’had deng menggunakan metode pembiasaan. ketiga, keberhasilan Ma’had meliputi: tingkat pemahaman siswa dalam bidang keagamaan lebih tinggi pemahaman siswa yang tinggal di Ma’had ketimbang siswa yang hanya sekolah tanpa tinggal di Ma’had, penerimaan amanah dalam menerapkan program keagamaan di MAN Sumenep, kegiatan-kegiatan program pembinaan keagamaan MAN Sumenep terealisasi dari program-program yang ada di Ma’had Al-`Ulya MAN Sumenep.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 02:44 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 08:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1771 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |