Etika Guru Perspektif Abû Hâmid Al-Ghazâlî Dalam Kitab Minhâju Al Muta’allim Dan Abdullah Bin Abduh Al-‘Iwād}ī Dalam Kitab Ādābu Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim Min Fathi Al-Bāri Li Ibni Hajar

Rohadi, Rohadi (2021) Etika Guru Perspektif Abû Hâmid Al-Ghazâlî Dalam Kitab Minhâju Al Muta’allim Dan Abdullah Bin Abduh Al-‘Iwād}ī Dalam Kitab Ādābu Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim Min Fathi Al-Bāri Li Ibni Hajar. Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
a. COVER - ACH SUBAIDI (1).pdf

Download (75kB)
[img] Text
b. Pernyataan keaslian - ACH SUBAIDI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
c. Persetujuan pembimbing - ACH SUBAIDI (1).pdf

Download (232kB)
[img] Text
d. Pengesahan penguji - ACH SUBAIDI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
e. ABSTRAK - ACH SUBAIDI.pdf

Download (433kB)
[img] Text
f. DAFTAR ISI - ACH SUBAIDI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
g. BAB I - ACH SUBAIDI.pdf

Download (646kB)
[img] Text
h. BAB II - ACH SUBAIDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
i. BAB III - ACH SUBAIDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
j. BAB IV - ACH SUBAIDI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k. BAB V - ACH SUBAIDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
l. DAFTAR PUSTAKA - ACH SUBAIDI.pdf

Download (209kB)

Abstract

ABSTRAK Rohadi, 2021, Etika Guru Perspektif Abû Hâmid Al-Ghazâlî Dalam Kitab Minhâju Al Muta’allim Dan Abdullah Bin Abduh Al-‘Iwād}ī Dalam Kitab Ādābu Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim Min Fathi Al-Bāri Li Ibni Hajar, Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Magister (S2) Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag dan Dr. H. Mohammad Muchlis Solichin, M.Ag. Kata Kunci : etika guru, kompetensi guru, Abû Hâmid Al-Ghazâlî, ‘Abdullah bin ‘Abduh Al-‘Iwād}ī. Guru adalah wakil dari orang tua, yang telah memasrahkan anaknya agar mendapatkan pendidikan yang baik. Karenanya guru bertanggung jawab dalam mengoptimalkan upaya perkembangan seluruh potensi murid. Oleh karena tanggung jawab dan tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, maka guru wajib memiliki kualifikasi akademik dan beberapa kompetensi. Guru sering dianggap sebagai sosok yang memiliki kepribadian ideal. Guru yang memiliki kepribadian yang baik tentunya akan disayangi oleh para siswa. Profesionalitas seorang guru masih perlu didukung dengan kompetensi-kompetensi yang lain seperti kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Namun, dunia pendidikan kita untuk saat ini yang sangat dibutuhkan adalah kompetensi kepribadian seorang guru. Berbagai permasalahan yang dialami guru telah meramaikan pendapat dari berbagai kalangan. Oleh karena, itu etika yang baik harus ditunjukkan guru dari berbagai jenjang pendidikan. Selain faktor kepribadian guru, faktor lingkungan sekolah juga sangat mempengaruhi belajar para siswa. Lingkungan sekolah meliputi lingkungan fisik sekolah seperti lingkungan kampus, sarana dan prasarana belajar yang ada, sumber-sumber belajar, media belajar dan seterusnya, lingkungan sosial yang menyangkut hubungan siswa dengan teman-temannya, guru-gurunya serta staf sekolah yang lain, lingkungan Sekolah juga menyangkut lingkungan akademis yaitu suasana dan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar, berbagai kegiatan kokurikuler dan lain-lain. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalaham guru era sekarang dan menjawab rumusan masalah atau fokus masalah dalam penelitian ini, yakni Bagaimana etika guru menurut Abû Hâmid al-Ghazâlî dalam kitab Minhâju al-Muta’allim ? Bagaimana etika guru menurut ‘Abdullah Bin ‘Abduh Al-‘Iwād}ī dalam kitab Ādābu Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim Min Fathi Al-Bārī Li Ibni Hajar ? Bagaimana relevansi etika guru menurut Abû Hâmid al-Ghazâlî dalam kitab Minhâju al-Muta’allim dan ‘Abdullah Bin ‘Abduh Al-‘Iwād}ī dalam kitab Ādābu Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim Min Fathi Al-Bārī Li Ibni Hajar dengan wacana kompetensi guru masa sekarang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library reseach. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti akan menggunakan sumber data penelitian kualitatif yaitu berupa sumber data primer (primary source) dan sekuder (secondary source) dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. ii Etika guru perspektif Abû Hâmid al-Ghazâlî dalam Kitab Minhâju alMuta’allim meliputi karakteristik guru dan kewajiban guru. Adapun Karakteristik guru menurut yaitu; menguasai materi pelajaran, menjaga hati dan lisan dari sifatsifat tercela serta tidak mudah emosi, adil dalam urusan agama, senantiasa memberikan nasihat, konsisten dan konsekuen dalam hidup, mempunyai latar belakang keluarga terhormat, usia lebih tua dari pada muridnya, tidak menjadi penjilat terhadap penguasa, mendahulukan urusan agama dari pada urusan dunia, tidak mengharap pemberian orang lain, memberikan kemudahan dalam belajar bagi murid yang tidak mampu secara ekonomi , mengasihi murid-muridnya, dan tawadhu’ atau rendah hati terhadap murid-muridnya. Sedangkan kewajiban guru yaitu; Menghormati dan menayomi peserta didik dengan ramah, Ta’dib sebelum ta’lim , Memperhatikan kemampuan peserta didik, menggunakan bahasa yang baik sebagai bahasa pengantar, ikhlas dalam mengajar, dan tidak menyimpan ilmu. Etika guru perspektif ‘Abdullah bin 'Abduh Al-‘Iwād}ī dalam kitab Ādābu Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim min Fathi Al-Bārī Li Ibni Hajar terdiri dari etika guru terhadap ilmu dan etika guru terhadap peserta didik. Adapun etika guru terhadap ilmu yaitu; ikhlas dalam mengajar semata-mata karena Allah, mengamalkan sebelum mengajarkan, tawadhu’ atau rendah hati, tidak segan untuk mengatakan “tidak tahu” apabila tidak mampu menjawab pertanyaan, merencakan pembelajaran, dan mempraktikkan hasil pembelajaran. Sedangkan etika guru terhadap peserta didik yaitu; menghormati peserta didik, lemah lembut dalam mengajar, mengunjungi peserta didik, membuat tahapan dalam mengajar, memotivasi peserta didik untuk berkompetisi dalam belajar, melakukan evaluasi hasil belajar, membimbing murid terhdap ilmu-ilmu yang disukai dan cenderung bisa kuasai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 28 Oct 2021 13:25
Last Modified: 28 Oct 2021 13:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1810

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item