Peran Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia dalam Penyelesaian Perkara Peceraian Masyarakat Miskin di Kabupaten Pamekasan (Studi Kasus Layanan Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Tidak Mampu Di Kabupaten Pamekasan)

Isnin, Taufik Januar Fitro (2021) Peran Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia dalam Penyelesaian Perkara Peceraian Masyarakat Miskin di Kabupaten Pamekasan (Studi Kasus Layanan Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Tidak Mampu Di Kabupaten Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_Cover_HKI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
c.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_HKI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
d.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_Lembar_Pengesahan_HKI..pdf

Download (269kB)
[img] Text
e.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_Abstrak_HKI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
f.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_Daftar_Isi_HKI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
g.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_BAB_1_HKI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
h.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_BAB_2_HKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
i.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_BAB_3_HKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
j.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_BAB_4_HKI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_BAB_5_HKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
l.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_Daftar_Pustaka_HKI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
b.Taufik_Januar_Fitro_Isnin_20170702011076_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_Dan_Persetujuan_Publikasi_HKI.pdf

Download (389kB)

Abstract

Kata Kunci: POSBAKUMADIN; Perkara Cerai; Masyarakat Miskin Eksistensi lembaga bantuan hukum saat ini yang telah tersebar di berbagai tempat adalah upaya pemerintah dalam memberikan keadilan bagi segenap masyarakat Indonesia yang tidak mampu secara ekonomi untuk berproses di depan hukum. PERMA No. 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan adalah salah landasan hukum pemberian bantuan hukum bagi lembaga-lembaga hukum yang legal seperti POSBAKUMADIN.di Pamekasan Posbakumadin telah ada sejak tahun 2012 sebagai cabang yang menduduki di area Kabupaten/Kota. Pelayanan jasa bantuan hukum meliputi Perdata dan Pidana, tidak terkecuali masalah kasus cerai. Perkara cerai juga bisa mendapatkan bantuan hukum dengan ketentuan memenuhi syarat orang yang tidak mampu. dengan demikian, penelitian ini dilakukan sebagai penelitian studi kasus tentang peran lembaga hukum (PSOBAKUMADIN Pamekasan) dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin pada perkara cerai di Kabupaten Pamekasan. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana efektifitas layanan POSBAKUMADIN pada masyarakat miskin di Kabupaten Pamekasan? 2) Bagaimana strategi layanan bantuan hukum di POSBAKUMADIN pada masyarakat miskin di Kabupaten Pamekasan? 3) Bagaimana kendala layanan bantuan hukum yang dihadapi POSBAKUMADIN di Kabupaten Pamekasan?. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian hukum empiris diskriptif kualitatif, penelitian hukum empiris adalah suatu kegiatan penelitian tentang hukum yang berlandaskan fakta yang dapat dirasakan oleh setiap orang.Data penelitian ini dipaparkan secara deskriptif berupa kata-kata berdasarkan data yang diperoleh dari wawancara, pengamatan dan dokumentasi selama melakukan penelitian melalui tahapan analisa data reduksi, display dan penarikan kesimpulan. memastikan data yang diterima valid, peneliti menggunakan metode pengecekan keabsahan dengan metode sumber dengan tujuan memadukan segala informasi yang didapatkan mengarah pada temuan yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, efektifitas layanan POSBAKUMADIN pada masyarakat miskin di Kabupaten Pamekasan diukur dari tiga hal antara lain; kelembagaan, prosedur dan layanan serta kepuasan dari klien.Kedua, strategi layanan bantuan hukum di POSBAKUMADIN padamasyarakat miskin di Kabupaten Pamekasan dapat dikategorikan dalam dua hal, yaitu; strategi penyebaran informasi layanan ada dua cara yaitu dengan cara penyebaran langsung dan tidak langsung. strategi prosedur layanan meliputi, pencegahan masalah perceraian, penetapan penerima bantuan dan pendampingan di persidangan atau diluar persidangan. Ketiga, kendala layanan bantuan hukum yang dihadapi POSBAKUMADIN di Kabupaten Pamekasan adalah adanya beberapa oknum calon klien yang mengaku orang tidak mampu padahal sebenarnya orang tersebut mampu memproses hukum secara mandiri jika hal itu diketahui lebih awal maka ditolak pengajuannya karena tidak layak menerima bantuan hukum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? 3B3_3 ??
?? m_047 ??
Divisions: Fakultas Syari'ah > Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:44
Last Modified: 06 Dec 2021 02:44
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1882

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item