Implementasi Metode Ummi untuk Studi Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas II di SDN Torjun 1 Sampang

Saadah, Nailis (2021) Implementasi Metode Ummi untuk Studi Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas II di SDN Torjun 1 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nailis saadah_20170701052054_cover_PGMI.pdf.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Nailis saadah_20170701052054_Lembar_persetujuan_pembimbing_PGMI.pdf.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Nailis saadah_20170701052054_Lembar_pengesahan_PGMI.pdf.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Nailis Saadah_20170701052054_Abstrak_PGMI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Nailis saadah_20170701052054_Daftar_isi_PGMI.pdf.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Nailis Saadah_20170701052054_BAB I_PGMI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Nailis Saadah_20170701052054_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
Nailis Saadah_20170701052054_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Nailis Saadah_20170701052054_BAB IV_PGMI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Nailis Saadah_20170701052054_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
Nailis Saadah_20170701052054_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Nailis sadaah-20170701052054-surat_pernyataan keaslian_karya_dan_persetujuan publikasi_PGMI.pdf.pdf

Download (36kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah pegangan utama bagi umat Islam. Sebab membaca, menghafalkan, memahami, mengingternalisasikan, serta mengaktualisasikan al�Qur’an menjadi sebuah keharusan ketika berhubungan dengan Allah SWT, sesama manusia, dan alam semesta. Dalam penelitian ini menggunakan metode ummi dalam membaca al-Qur’an. Karena sistem pembelajarannya yaitu materinya terstruktur dengan baik, terdapat jilid 1-6 dan juga terdapat jilid tambahan (jilid garib) serta ada tajwid yang berhubungan, tahap demi tahapnya terorganisir dengan baik dan sistematis. Metode ummi mempunyai tiga motto, yaitu: mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian, yaitu : Pertama, bagaimana kondisi siswa sebelum menggunakan metode ummi pada siswa kelas II di SDN Torjun 1 Sampang, Kedua, bagaimana hasil dari metode ummi yang telah diterapkan siswa kelas II di SDN Torjun 1 Sampang, Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode ummi untuk studi peningkatan kemampuan membaca al�Qur’an siswa kelas II di SDN Torjun 1 Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kondisi siswa yaitu saat pembelajaran al-Qur’an metode Ummi di kelas II alhamdulillah kondisinya baik, peserta didik merespon, antusias untuk mengikuti pelajaran dan peserta didik semangat saat pelajaran al-Qur’an, peserta didik sudah memiliki dasar untuk membaca al-Qur’an atas dasar belajar di langgar masing-masing, tetapi kemampuannya berbeda-beda kadang ada anak yang bagus di hurufnya tapi kurang lancar, dan ada yang lancar tapi makhorijul hurufnya masih perlu diperbaiki. Kedua, hasil penerapan metode Ummi dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas II yaitu hasil akhir dari proses belajar mengajar di dalam kelas. Guru berperan aktif dalam pelaksanaan penerapan metode ummi dalam kemampuan membaca al-Qur’an. pelaksanaan penerapan metode ummi berjalan dengan baik dan ada kemajuan dalam kemampuan siswa di dalam kelas, yaitu ada beberapa siswa sudah bisa membedakan bacaan panjang pendek, membedakan huruf hijaiyah, dan bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan tartil. Ketiga, faktor pendukung yaitu persiapan guru pengajar al-Qur’an, sarana dan prasarana, dukungan orang tua. Faktor penghambat yaitu kemampuan siswa berbeda-beda dan terbatasnya waktu yang tersedia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_069 ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:04
Last Modified: 20 Apr 2022 02:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2135

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item