Lailatus Zaien, Urbai (2021) Penerapan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V di SDN Pragaan Laok I Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_Cover_PGMI.pdf Download (111kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_Lembar_Persetujuan_Pembingbing_PGMI.pdf Download (147kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (173kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_Abstrak_PGMI.pdf Download (89kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_DAFTAR_Isi_PGMI.pdf Download (95kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_BAB I_PGMI.pdf Download (318kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_BAB IV_PGMI.pdf Download (354kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (91kB) |
|
Text
Urbai Lailatus Zaien_20170701051074_Surat_Pernyataan Keaslian_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf Download (190kB) |
Abstract
Kata kunci: Problem Based Learning, Keaktifan Belajar Sering kali ditemukan kondisi pada siswa tidak aktif dan kurang fokus pada setiap kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh tidak konsisten belajar anak yang tidak stabil di dalam kelas, kemauan belajar keanak kurang aktif. Sehingga membuat suasana belajar dikelas menjadi tidak kondusif, dingin dan kurang fokus. Sebagai motivator bagi siswa, seorang guru berupaya mengembalikan konsentrasi siswa agar lebih aktif dalam belajar, salah satunya dengan menerapkan model problem based learning. Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama bagaimana penerapan model problem based learning dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN Pragaan Laok I Sumenep. Kedua apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model problem based learning untuk mengembangkan keaktifan belajar siswa dalam keaktifan belajar siswa kelas V SDN Pragaan Laok I Sumenep. Ketiga bagaimana tindak lanjut guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam penerapan model problem based learning sebagai pengembangan keaktifan belajar siswa kelas V SDN Pragaan Laok I Sumenep. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari kepala sekolah SDN Pragaan Laok I, Guru kelas V, dan empat orang siswa kelas V. Peneliti mengecek keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model problem based learning untuk mengembangkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN Pragaan Laok I. Pada proses pembelajaran guru membentuk kelompok terlebih dahulu. Kedua, faktor pendukung penerapan model problem based learningadalah minat siswa, siswa meminta untuk membentuk kelompok,, model pembelajaran yang menyenangkan dan menarik, serta materi, dan media pembelajaran yang digunakan guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah karakteristik siswa yang berbeda. Ketiga, cara guru dalam mengatasi faktor penghambat model problem based learning adalah guru harus mampu mengelola dan mengatur waktu, disiplin, memberi pemahaman kepada siswa digunakan agar siswa untuk fokus dan aktif dalam pembelajaran. Guru lebih mendalami tentang model problem based learninglebih banyak mencari referensi tentang model problem based learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 01:55 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:55 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2137 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |