Agustini, Yulia (2021) Penerapan Strategi Belajar Aktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Pada Materi Drama Kelas V di SDN Sokalela Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_Cover_PGMI.pdf.pdf Download (256kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf Download (299kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf.pdf Download (174kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_Abstrak_PGMI.pdf.pdf Download (268kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_Kata Pengantar_PGMI.pdf.pdf Download (296kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf Download (287kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_BAB 1_PGMI.pdf.pdf Download (333kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_BAB ll_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_BAB III_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_BAB IV_PGMI.pdf.pdf Download (412kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_BAB V_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf.pdf Download (398kB) |
|
Text
Yulia Agustini_ 20170701052075_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf.pdf Download (31kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Belajar, Berbahasa Indonesia. Strategi belajar aktif merupakan strategi yang dapat mengajak siswa belajar secara aktif dalam berproses saat pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan strategi yang dapat mengaktifkan siswa saat pembelajaran. Guru perlu menerapkan strategi belajar aktif dengan merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan tidak bikin siswa jenuh. Strategi yang tepat diharapkan pendidik dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, pertama, Bagaimana persiapan dalam melaksanakan strategi belajar aktif di SDN Sokalela kecamatan kadur kbaupaten pamekasan; kedua, Bagaimana penerapan strategi belajar aktif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa indonesia pada materi drama di SDN Sokalela kecamatan kadur kabupaten pamekasan; ketiga, Bagaimana keberhasilan strategi belajar aktif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa indonesia pada materi drama di SDN Sokalela kecamatan kadur kabupaten pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menuntut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah, Guru Kelas 5, Dan peserta didik. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) persiapan guru yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa yakni RPP, buku. Metode yang digunakan di sekolah SDN Sokalela yaitu, ceramah, membaca, diskusi, dan memberikan tugas (2) yang diterapkan disekolah ini adalah membaca dan interaksi antar sesama (3) keberhasilan yang diperoleh yakni peserta didik lebih bersemangat mengikuti pembelajaran karena menyenangkan, sering membiasakan diri berinteraksi tujuannya untuk melancarkan dalam berbahasa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? ?? m_072 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 01:53 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:53 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2139 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |