Hukamak, Saiful (2021) Problematika Yang Dihadapi Guru Dalam Mengajar Al- Qur’an Dengan Metode Wafa Pada Anak Usia Dini Di Ra Nurul Hikmah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Saiful Hukamak-20160701060058-Sampul-PIAUD.pdf Download (38kB) |
|
Text
c. Saiful Hukamak-20160701060058-Halaman Persetujuan-PIAUD.pdf Download (30kB) |
|
Text
d. Saiful Hukamak-20160701060058-Halaman Pengesahan-PIAUD.pdf Download (34kB) |
|
Text
e. Saiful Hukamak-20160701060058-Abstrak-PIAUD.pdf Download (18kB) |
|
Text
f. Saiful Hukamak-20160701060058-Daftar Isi-PIAUD.pdf Download (16kB) |
|
Text
g.Saiful Hukamak-20160701060058- BAB I-PIAUD.pdf Download (73kB) |
|
Text
h. Saiful Hukamak-20160701060058-BAB II-PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
i. Saiful Hukamak-20160701060058-BAB III-PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
j. Saiful Hukamak-20160701060058-BAB IV-PIAUD.pdf Download (156kB) |
|
Text
k. Saiful Hukamak-20160701060058-BAB V-PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
l. Saiful Hukamak-20160701060058-Daftar Pustaka-PIAUD.pdf Download (19kB) |
|
Text
b. Saiful Hukamak-20160701060058-Pernyataan Keaslian Tulisan-PIAUD.pdf Download (6kB) |
Abstract
Kata Kunci : Problematika, Al-Qur’an, Metode WAFA, Anak Usia Dini Dalam pendidikan agama Islam Al-Qur’an merupakan dalil sumber yang dijadikan sebagai landasan agama islam. Karena begitu pentingnya Al-Qur’an dalam membimbing, membina, memperbaiki dan mengarahkan kehidupan manusia, maka wajib bagi setiap muslim untuk mempalajari, memahami, menghafal dan membacanya dalam kehidupan sehari-hari. Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini adalah problematika yang dihadapi guru dalam mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA, faktor yang mempengaruhi terjadinya problematika mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA, upaya yang dilakukan saat menghadapi problematika mengajar Al- Qur’an dengan metode WAFA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui non keikutan serta, ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, problematika yang dihadapi dalam mengajar Al- Qur’an dengan metode WAFA guru-guru kurang menguasai membaca Al-Qur’an dengan menggunakan lagu hijaz yang digunakan dalam metode WAFA dan Tidak menguasai makhorijul huruf. Kedua : faktor yang mempengaruhi terjadinya problematika yang dihadapi dalam mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA guru belum siap menghadapi metode baru dan masih belum bisa meninggalkan kebiasaan atau metode yang lama sehingga berdampak pada proses mengajar Al- Qur’an dengan menggunakan metode WAFA dan Wali murid menjadi salah satu Faktor yang mempengaruhi problematika yang dihadapi guru dalam megajar Al- Qur’an dengan menggunakan metode Wafa. Ketiga : upaya yang dilakukan dalam menghadapi problematika mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA mewajibkan kepada semua guru mengikuti kegiatan program tahsin dan memberikan program bimbingan terhadap wali murid yang dilaksanakan setiap sebulan sekali
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_069 ?? ?? m_131 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 01:32 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2167 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |