Furqoniyah, Lailatul (2021) Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Guru dan Siswa di MA Mambaul Ulum Pangarengan Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_COVER_TBIN.pdf Download (146kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_Lembar_Persetujuan_pembimbing_TBIN.pdf Download (106kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf Download (125kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_ABSTRAK_TBIN.pdf Download (136kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_DAFTAR ISI_TBIN.pdf Download (88kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_BAB I_TBIN.pdf Download (190kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_BAB IV_TBIN.pdf Download (563kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf Download (167kB) |
|
Text
LAILATUL FURQONIYAH_20160701070054_Surat_Penyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TBIN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kesantunan Bahasa, Interaksi Guru dan Siswa Kesantunan dalam berbahasa merupakan hal yang penting dalam berkomunikasi. Komunikasi dalam dunia pendidikan merupakan hal yang tak bisa dinafikan, baik dalam interaksi guru dan siswa maupun antar sesame siswa. Dalam hal ini segala bentuk komunikasi harus memperhatikan juga mengutamakan unsur sopan santun dalam berbahasa, tidak terkecuali di MA Mambaul Ulum Pangarengan Sampang. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini: pertama, bagaimana wujud kesantunanan berbahasa dalam interaksi guru dan siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum Pangarengan Sampang; kedua, bagaimana Faktor Penyebab Ketidaksantunan Berbahasa dalam Inetraksi Guru dan Siswa Kelas XI di MA Mambaul Ulum Pangarengan Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, metode ini memiliki teknik dasar yang berwujud teknik sadap. Metode cakap, metode ini memiliki teknik dasar yang berupa teknik pancing dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan kehadiran, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ditemukan 13 data Wujud Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Guru dan Siswa di MA Mambaul Ulum Pangarengan sampang yaitu terdapat 10 Data pematuhan kesantunan berbahasa dalam interkasi guru dan sisiwa yang terdiri dari : 2 maksim kebijaksanaan, 2 maksim kedermawanan, 2 maksim penghargaan, 1 maksim kesederhanaan, 1 maksim pemufakatan, 2 maksim kesimpatian. Kemudian terdapat 3 data pelanggaran kesantunan berbahasa dalam interaksi guru dan siswa yang terdiri dari: 1 maksim kebijaksanaan, 1 maksim kedermawanan. 1 maksim kesederhanaan. Skala kesantunana Leech ditemukan 4 data Cost-benefit scale, 5 data optionally scale, 1 data indirectness scale, 1 data authority scale, 2 data social distance scale. Kedua, ada 2 faktor penyebab ketidak santunan berbahasa yaitu a). Faktor internal dari dalam siswa seperti ketidak mampuan berbahasa yang baik dan emosional yang dimilikinya nantinya akan berdampak pada intonasi yang disampaikan siswa menjadi kasar. b) Faktor eksternal seperti siswa tersebut terpegaruh oleh teman-teman sebayanya ataupun lingkungan hidupnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_071 ?? ?? m_072 ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 02:11 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 02:11 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2207 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |