Yulistiana, Sitti (2021) Penerapan Teknik 5W+1H Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Sitti Yulistiana-20170701072102-Sampul-TBIN.pdf Download (36kB) |
|
Text
c. Sitti Yulistiana-20170701072102-Halaman Persetujuan-TBIN.pdf Download (145kB) |
|
Text
d. Sitti Yulistiana-20170701072102-Halaman Pengesahan-TBIN.pdf Download (55kB) |
|
Text
e. Sitti Yulistiana-20170701072102-Abstrak-TBIN.pdf Download (16kB) |
|
Text
f. Sitti Yulistiana-20170701072102-Daftar Isi-TBIN.pdf Download (16kB) |
|
Text
g. Sitti Yulistiana-20170701072102-BAB I-TBIN.pdf Download (41kB) |
|
Text
h. Sitti Yulistiana-20170701072102-BAB II-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
|
Text
i. Sitti Yulistiana-20170701072102-BAB III-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
Text
j. Sitti Yulistiana-20170701072102-BAB IV-TBIN.pdf Download (93kB) |
|
Text
k. Sitti Yulistiana-20170701072102-BAB V-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
l. Sitti Yulistiana-20170701072102-Daftar Pustaka-TBIN.pdf Download (19kB) |
|
Text
b. Sitti Yulistiana-20170701072102-Pernyataan Keaslian Tulisan-TBIN.pdf Download (215kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan Teknik 5W+1H, Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita Penelitian ini membahas tentang pembelajaran keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu yang masih kurang dalam kemampuan untuk belajar bahasa indonesia terutama pembelajaran tentang keterampilan menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Teknik 5W+1H yaitu unsur yang digunakan untuk memahami inti sebuah berita atau juga untuk menentukan suatu pokok berita. Penggunaan unsur 5W+1H membuat berita atau cerita yang ditulis memiliki alur dan inti yang jelas. Ada tiga fokus penelitian yang mengkaji utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama: bagaimana guru menerapkan 5W+1H pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Kedua, apa faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan teknik 5W+1H pada pembelajaran keterampilan menulis menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu. Ketiga, bagaimana solusi dari faktor penghambat yang timbul pada penerapan teknik 5W+1H pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dta menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.sumber data yang diperoleh observasi langsung terhadap guru dan siswa di SMPN 2 Pademawu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, memberikan gambaran terhadap siswa tentang materi yang diajarkan tentang teks berita. Dengan cara memberikan gambaran terlebih dahulu agar siswa lebih mudah untuk memahaminya, siswa di suruh mencari isi dari teks berita yang ada dalam sebuah koran atau majalah lainnya. Dan menyuruh siswa untuk menentukan unsur dari berita yaitu 5w+1h dengan belajar berkelompok satu bangku. Dan berdiskusi dengan teman yang lain. Agar siswa dapat mempermudah dalam mencari isi peristiwa yang terjadi dalam berita tersebut. Kedua, faktor penghambat dan faktor pendukung yang timbul dalam penerapan teknik 5W+1H pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu. faktor pendukungnya yaitu, siswa dapat dengan lebih mudah dalam mencari isi dari berita. Dengan teknik itu dapat memudahkan siswa dalam berdiskusi dan berkomunikasi dengan orang lain. Adapun faktor penghambat yaitu timbul pada kemampuan dari masing-masing siswa dalam berbahasa indonesia dan siswa masih kurang mampu untuk membedakan unsur teknik 5w+1h antara mengapa dan bagaimana. Sehingga siswa masih kurang mampu dalam menyusun sebuah isi berita dengan benar dan rinci. Ketiga, guru sering memberikan latian soal terhadap siswa yang masih kurang mampu dalam kemampuan untuk belajar. Bagi siswa yang kesulitan dalam membedakan antara mengapa dan bagaimana guru membagikan menjadi beberapa kelompok antara siswa yang kemampuannya lebih mampu dan siswa yang kemampuannya kurang mampu dalam segi pembelajaran belajar. Agar siswa lebih cepat dalam memahami dan menyusun suatu berita menjadi berita yang bai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 02:01 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 02:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2209 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |