Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Keterampilan Berbicara pada siswa Kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong Pamekasan

Priono, M. Urfi (2021) Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Keterampilan Berbicara pada siswa Kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Halaman persetujuan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian kepenulisan.pdf

Download (7MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (96kB)

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan Komunikatif, Pembelajaran, Keterampilan berbicara Keterampilan berbicara merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik, apabila siswa memiliki keterampilan berbicara yang sangat baik tentunya nanti mampu membantu dalam prosespelajaran. Guru harus berperan penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa terutama bagi guru bahasa Indonesia, sehingga guru bahasa Indonesia harus memiliki cara untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Dalam peningkatan potensi bahasa siswa maka guru menerapkan pendekatan komunikatif yang mana pendekatan ini mampu menjadikan siswa lebih terampil dalam kebahasaan, terutama di bidang kebahasaan keterampilan berbicara. Pendekatan komunikatif ini merupakan pendekatan yang menekankan siswa untuk saling berkomunikasi, berdialog, dan bertukar argument atau pendapat yang pada akhirnya akan menjadi kebiasaan siswa dalam berbicara di dalam kelas. Kebiasaan seperti itulah yang pada akhirnya menjadikan keterampilan berbicara siswa menjadi lebih baik. Menyikapi hal seperti itu guru bahasa Indonesia dapat memberikan ketertarikan kepada peneliti untuk mengangakat judul tentang penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara, karena dilihat dari faktanya memang kebanyakan dari siswa Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong Pamekasan yang keterampilan berbicaranya masih ada yang kurang baik dan benar. Bukan hanya seperti itu yang menjadikan peneliti tertairik pada judul yang sudah dibuat, yaitu dengan adanya penghambat dan pendukung penerapan pendekatan komunikatif, kemudian ada solusi dalam mengatasi penghambat penerapan pendekatan komunikatif oleh guru Bahasa Indonesia. Maka dari itu peneliti menemukan tiga peermasalahan yang sudah diambil. Adapuntiga permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama,Bagaimana penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong Pamekasan; kedua, apa saja faktor penghambat dan pendukungpenerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Sumber bungur PakongPamekasan; ketiga, bagaimana solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran keterampilan bebicara pada siswa kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Sumber bungur Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasinya adalah kepala sekolah, guru Bahasa Indonesia dan peserta didik. Data yang diperoleh dirumuskan dalam bentuk transkrip wawancara dan catatan pengamatan lapangan, yakni Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, dan Siswa Kelas XI IPA 1 yang ada di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan pendekatan yang diterapkan oleh guru yaitu pendekatan komunikatif dimana dalam pendekatan ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswadengan caramenggunakan metode tanya jawab danmetode kooperatif. Kedua, faktorpenghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa yaitu: faktor pendukung; adanya sarana dan prasarana, buku paket dan LKS yang digunakan guru untuk menunjang dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Faktor penghambat; faktor yang menghambat yaitu siswa kurang paham dengan pendekatan yang diterapkan oleh guru, ada sebagian siswa yang berbicara sendiri sehingga pendekatan yang diterapkan oleh guru sedikit terganggu, dan yang menjadi penghambat lainnya terletak pada kemampuan siswa yang berbeda�beda.Ketiga, solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa yaitumemberikan motivasi kepada siswa yang takut untuk berbicara kepada teman-temannya dalam kelas dan memebimbing siswa agar siswa lebih berani lagi dalam berargumen supaya kualitas baik siswa tetap terjaga dan keaktifan suasana kelas menjadi lebih meningkat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_072 ??
?? m_090 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:31
Last Modified: 19 Apr 2022 01:31
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2232

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item