Mrs, Afrahinnisa (2021) Implementasi Metode PAIKEM dalam Keterampilan Menulis Cerpen di Kelas X MA Negeri Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Afrahinnisa-20160701070007-Sampul-TBIN.pdf Download (36kB) |
|
Text
c. Afrahinnisa-20160701070007-Halaman Persetujuan-TBIN.pdf Download (22kB) |
|
Text
d. Afrahinnisa-20160701070007-Halaman Pengesahan-TBIN.pdf Download (265kB) |
|
Text
e. Afrahinnisa-20160701070007-Abstrak-TBIN.pdf Download (14kB) |
|
Text
f. Afrahinnisa-20160701070007-Daftar Isi-TBIN.pdf Download (16kB) |
|
Text
g. Afrahinnisa-20160701070007-BAB I-TBIN.pdf Download (38kB) |
|
Text
h. Afrahinnisa-20160701070007-BAB II-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
Text
i. Afrahinnisa-20160701070007-BAB III-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
j. Afrahinnisa-20160701070007-BAB IV-TBIN.pdf Download (73kB) |
|
Text
k. Afrahinnisa-20160701070007-BAB V-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
l. Afrahinnisa-20160701070007-Daftar Pustaka-TBIN.pdf Download (16kB) |
|
Text
b. Afrahinnisa-20160701070007-Pernyataan Keaslian Tulisan-TBIN.pdf Download (56kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Metode PAIKEM, Menulis Cerpen Pelaksanaan pembelajaran dengan metode PAIKEM, diharapkan berkembangnya berbagai macam inovasi kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang Partisipatif, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Dalam penelitian ini terdapat 3 fokus penelitian pertama, bagaimana implementasi metode PAIKEM dalam keterampilan menulis cerpen? Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode PAIKEM dalam keterampilan menulis cerpen? Ketiga, bagaimana solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam implementasi meto de PAIKEM dalam keterampilan menulis cerpen? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian deskriptif. Metode yang dipakai dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah yang digunakan dalam menganalisis data dengan reduksi data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan cara perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini terjawab, proses pembelajaran dengan metode PAIKEM dalam keterampilan menulis cerpen yaitu guru mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa dengan antusias mengikuti pembelajaran, sehingga pada saat kegiatan menulis cerpen siswa dengan mudah menciptakan sebuah karangan cerita pendek yang menarik karena guru dapat membuat siswa berpikir kreatif. Sehingga hasil belajar dari siswa sangat baik dan siswa dapat dengan mudah menyelesaikan tugas yang diberikan guru
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 01:30 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 01:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2233 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |