Manajemen Pendidikan Karakter Peduli Lingkunga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan

Laily, Fitriyatul (2021) Manajemen Pendidikan Karakter Peduli Lingkunga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_COVER_MPI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_HALAMAN PENGESAHAN_MPI (2).pdf

Download (245kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_ABSTRAK_MPI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_BAB 1_MPI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_BAB IV_MPI.pdf

Download (862kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
FITRIYATUL LAILY_20170701042070_PERNYATAAN KEASLIAN_MPI.pdf

Download (42kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan Pendidikan karakter merupakan sistem menanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik yang meliputi komponen: kesadaran, pemahaman, keperdulian, dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Dalam pendidikan karakter di madrasah, semua komponen (Stakeholder) harus dilibatkan baik komponen yang ada dalam sistem pendidikan itu sendiri, yaitu isi kurikulum, rencana pembelajaran, proses belajaran, mekanisme penilaian, kualitas hubungan, pengelolaan pembelajaran pelaksanaan pengembangan diri peserta didik, pemberdayaan sarana prasarana/pembiayaan, serta etos kerja seluruh warga dan lingkungan madrasah. Berdasarkan pemamaparan tersebut, terdapat beberapa fokus yang di gunakan yaitu,pertama, mengenai rancangan Manajemen Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Madrasah Stanawiyah Negeri 3 Pamekasan.Kedua, pelayanan manajemen pendidikan karakter peduli lingkungan.ketigacara dalam mengevaluasi program manajemen pendidikan karakter peduli terhadap lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini karena ingin mengetahui mengenai rancangan, pelayanan serta evaluasi program pendidikan karakter di madrasah. Dimana Madrasah Stanawiyah Negeri 3 Pamekasan,merupakan madrasah adhiwiyata dan menerapkan program madrasah peduli dan berbudaya lingkungan merupakan program yang ingin mewujudkan ketersediaan udara yang cukup, tanpa polusi udara, makanan yang sehat tanpa bahan kimia dan pewarna karena hal ini akan mempengaruhi proses pembelajaran di madrasah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi non partisipan. Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan siswa madrasah. Hasil penelitian yang peneliti lakukan di madrasah tsanawiyah negeri 3 Pamekasan. Terdapat tiga rancangan program pendidikan karakter diantanya, rancanganmaster plan pengembangan green open space ( ruang terbuka hijau ),master plan pengembangan floating canteen ( kantin apung ), rencana master plan pengembangan ( gedung produksi )yang di terapkan dalam mata pelajaran, budaya sekolah dan dalam proses pembelajaran. Semua bentuk program pendidikan karakter saling berkaitan satu sama lain yang diaplikasikan pada kegiatan belajar mengajar dan kegiatan madrasah,pelaksanaan program pendidikan karkater peduli lingkungan berupa kegiatan belajar madrasah yang meliputi pelayanan bank sampah, kantin sehat, jumat bersih, penanaman pohon. Warga madrasah ikut andil dalam pelaksanaan yang telah di terapkan di madrasah. Mengenai evaluasi dalam program pendidikan karakter peduli lingkungan, semua kegiatan yang yaitu dengan melakukan pengawasan. Yaitu kepala madrasah dan guru serta tim adwiyata mengawasi langsung kegiatan yang dijalankan. Bentuk yang di gunakan dalam mengevaluasi program pendidikan karakter peduli lingkungan dengan cara mengadakan rapat rutin setiap minggu, bulan dan satu semester sekali. Rapat mingguan tersebut melibatkan guru sedangkan untuk rapat bulanan melibatkan kepala sekolah dan guru.sedangkan untuk rapat satu semester sekali melibatkan warga madrasah yang terdiri dari kepala madrasah dan guru ( wali kelas ) dan wali murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m71H ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:03
Last Modified: 19 Apr 2022 01:03
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2255

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item