Andara, Rossalia Putri (2021) Strategi Penerapan Budaya Berbasis Islam Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Rossalia Putri Andara-20160701040193-Sampul-MPI.pdf Download (27kB) |
|
Text
c. Rossalia Putri Andara-20160701040193-Halaman Persetujuan-MPI.pdf Download (18kB) |
|
Text
d. Rossalia Putri Andara-20160701040193-Halaman Pengesahan-MPI.pdf Download (34kB) |
|
Text
e. Rossalia Putri Andara-20160701040193-Abstrak-MPI.pdf Download (17kB) |
|
Text
f. Rossalia Putri Andara-20160701040193-Daftar Isi-MPI.pdf Download (15kB) |
|
Text
g. Rossalia Putri Andara-20160701040193-BAB I-MPI.pdf Download (63kB) |
|
Text
h. Rossalia Putri Andara-20160701040193-BAB II-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
i. Rossalia Putri Andara-20160701040193-BAB III-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
j. Rossalia Putri Andara-20160701040193-BAB IV-MPI.pdf Download (108kB) |
|
Text
k. Rossalia Putri Andara-20160701040193-BAB V-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
l. Rossalia Putri Andara-20160701040193-Daftar Pustaka-MPI.pdf Download (19kB) |
|
Text
b. Rossalia Putri Andara-20160701040193-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf Download (6kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi, Penerapan, Budaya Islam Tujuan dan fungsi pendidikan mengembangkan kemampuan, membentuk watak danperadab dan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Proses pendidikan harus juga menuju manusia yang berakhlak mulia. Sekolah sebagaipunggung peradaban,dipercaya sebagai tempat rekayasa budaya yang efektif, memiliki peran dan fungsi untuk mengembangkan, melestarikan,dan mewariskan nilai-nilai budaya kepada peserta didiknya. Sehingga ada proses timbal balik antara kedua belah pihak yang bermuara pada interaksi siswa dengan guru itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pengembangan budaya islami di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pamekasan dan bagimana solusi faktor penghambat strategi penerepan budaya berbasis Islam di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan pengembangan budaya islami di SMP Muhammadiyah dilakukan setiap hari atau dilakukannya pembiasaan. Namun, karena dalam situasi masa pandemi, kegiatan rutinitas harian ini harus di bagi beberapa shift atau sesi. Sehingga, mengurangi jumlah siswa yang berperan dalam mengembangkan budaya islami, sementara pada biasanya hampir seluruh warga sekolah menerapkan kegiatan ini. Dan, tertundanya beberapa kegiatan yang salah satu diantaranya adalah latihan khutbah, imtaq, dan tapak suci. Namun di sisi lain, penerapan budaya berbasis islam di sini masih berjalan seperti pada materi akidah, fiqih, sejarah, maupun tauhid. Meskipun proses pembelajarannya masih bersifat daring yang terbatas jumlah siswanya, para guru di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan ini sudah memaksimalkan mungkin dalam proses belajar mengajarnya, sehingga anak-anak masih bisa menerima proses penerapan budaya berbasis islam yang memang menjadi rutinitas harian di sekolah ini. Akan tetapi, karena sekolah memiliki kebijakan, maka tetap dilaksanakan sholat dhuha berjama’ah hanya di hari senin dan selasa, dan di lanjutkan tahfidz. Selain sholat dhuha, ada kegiatan imtaq dan tapak suci. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada saat proses penerapan berlangsung, terdapat beberapa indikasi yang tidak bisa di sama ratakan. Sebab semua siswa di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan ini tidak lahir dari keluarga yang memiliki latar belakang yang sama. Semua berproses bersama di sekolah. Baik dari latar belakang siswa yang dari keluarga semi pesantren, yang sudah membiasakan mengerjakan rutinitas harian di sekolah sama seperti di rumahnya, maupun yang tidak sama sekali. Dan, tugas seorang pendidik yang pada dasarnya mengayomi siswa dari tidak bisa sampai bisa, dari bisa sampai menjadi luar biasa itu adalah kunci berhasilnya menerapkan suatu proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_071 ?? ?? m_169 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 00:50 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 00:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2266 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |