Jannah, Fauziyatul (2021) Urgensi Manajemen Pelatihan Keahlian Pembelajaran Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_Cover_MPI.pdf Download (25kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf Download (34kB) |
|
Text
Fauziayatul Jannah_2017070102060_Halaman Pengesahan_MPI.pdf Download (62kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_Abstrak_MPI.pdf Download (13kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_Kata Pengantar_MPI.pdf Download (204kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_Daftar Isi_MPI.pdf Download (124kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_BAB I_MPI.pdf Download (405kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_BAB IV_MPI.pdf Download (879kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_Daftar Rujukan_MPI.pdf Download (267kB) |
|
Text
Fauziyatul Jannah_20170701042060_Pernyataan Keaslian Penulisan_MPI.pdf Download (68kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pelatihan Keahlian Pembelajaran, Peningkatan Mutu Pembelajaran Pelatihan keahlian pembelajaran merupakan suatu pelatihan keahlian untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki oleh seorang guru sehingga dapat menghasilkan guru yang profesional. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana perencanaan pelatihan keahlian pembelajaran terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 4 Pamekasan. Kedua, bagaimana implementasi pelatihan keahlian pembelajaran terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 4 Pamekasan. Ketiga, bagaimana proses evaluasi pelatihan keahlian pembelajaran terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 4 Pamekasan. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan Kepala Sekolah, Asisten Waka Kurikulum dan Guru PAI yang pernah mengikuti pelatihan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, perencanaan pelatihan dilakukan untuk dapat mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan pada saat program pelatihan pelatihan keahlian pembelajaran. Sebelum perencaan dilakukan maka tim SPMI (pengembangan sekolah) menganalisis terlebih dahulu kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh sekolah. Kedua, pada pelaksanaan pelatihan terlebih dahulu mengisi daftar hadir. Pada saat proses pelatihan berlangsung yang pertama narasumber menyampaikan materinya, kemudian yang kedua narasumber praktek penggunaan aplikasi google classroom bersama peserta pelatihan. Ketiga, Proses evaluasi pelatihan IHT terdiri dari dua bentuk yaitu untuk panitia dan peserta pelatihan. Evaluasi untuk panitia sebagai penyelenggara yaitu untuk mengetahui apakah pelaksanaan pelatihan IHT sudah sesuai dengan programnya, kesesuaian dari kegiatan pembelajarannya, layananan administrasi yang diberikan termasuk juga konsumsi untuk peserta pelatihan dan fasilitas yang diberikan sudah memuaskan atau tidak. Evaluasi untuk peserta untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dalam mengaplikasikan google classroom
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71G ?? ?? m71H ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 00:50 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 00:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2268 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |