Peran Kepala Madrasah Dalam Menyelesaikan Konflik Antar Pendidik Di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

Ifdhali, Shafwan (2021) Peran Kepala Madrasah Dalam Menyelesaikan Konflik Antar Pendidik Di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (576kB)
[img] Text
11. BAB V - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
12. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
13. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16. RIWAAYAT HIDUP.pdf

Download (193kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah dalam Menyelesaikan Konflik Kepala Madrasah dapat diartikan pemimpin madrasah atau suatu lembaga dimana tempat menerima dan memberi pelajaran. Wahjosumijo mengartikan bahwa: “kepala madrasah adalah tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu Madrasah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat dimana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Konflik merupakan suatu proses interaksi yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian atau perbedaan antara dua pendapat (sudut pandang), baik itu terjadi dalam ukuran (organisasi), derajat spesialisasi yang diberikan kepada anggota organisasi, kejelasan jurisdiksi (wilayah kerja), kecocokan antara tujuan anggota dengan tujuan organisasi, gaya kepemimpinan,dan system imbalan yang berpengaruh atas pihak-pihak yang terlibat, baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Berdasarkan penjelasan di atas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam menyelesaikan konflik antar pendidik. Kedua, Apa saja strategi Kepala Madrasah dalam menyelesaikan konflik antar pendidik. Ketiga. Apa saja hambatan Kepala Madrasah dalam menyelesaikan konflik antar pendidik. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu kepala madrasah dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, peran Kepala Madrasah dalam menyelesaikan konflik antar pendidik yaitu sebagai pemberi arahan dan bimbingan, sebagai educator, sebagai penengah, sebagai pengambil keputusan, sebagai pemberi nasehat. Kedua, strategi yang digunakan Kepala Madrasah dalam menyelesaikan konflik antar pendidik dengan cara memberikan solusi, mencari jalan keluar, mempertemukan kedua belah pihak. Ketiga, hambatan yang dihadapi Kepala Madrasah dalam menyelesaikan konflik antar pendidik seperti kurangnya keterbukaan, saling merasa benar, tidak mau diberikan arahan, ego yang tinggi, sulit untuk mempertemukan kedua belah pihak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71H ??
?? m_122 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:17
Last Modified: 18 Apr 2022 04:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2294

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item