Mrs, Tsuwaibah (2021) Peran Guru IPS dalam Meningkatkan Sikap Hormat dan Saling Menghargai di Kelas VII MTS Miftahul Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Tsuwaibah_20170701082072_Cover_IPS.pdf Download (32kB) |
|
Text
c)Tsuwaibah_20170701082072_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_IPS.pdf Download (287kB) |
|
Text
d) Tsuwaibah_20170701082072_Lembar_Pengesahan_IPS.pdf Download (318kB) |
|
Text
e) Tsuwaibah_20170701082072_Abstrak_IPS.pdf Download (9kB) |
|
Text
f) Tsuwaibah_20170701082072_Daftar_Isi_IPS.pdf Download (188kB) |
|
Text
g) Tsuwaibah_20170701082072_BAB I_IPS.pdf Download (418kB) |
|
Text
h) Tsuwaibah_20170701082072_BAB II_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
i) Tsuwaibah_20170701082072_BAB III_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
j) Tsuwaibah_20170701082072_BAB IV_IPS.pdf Download (496kB) |
|
Text
k) Tsuwaibah_20170701082072_BAB V_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
l) Tsuwaibah_20170701082072_Daftar_Pustaka_IPS.pdf Download (306kB) |
|
Text
b) Tsuwaibah_20170701082072_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_IPS.pdf Download (33kB) |
Abstract
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Peningkatan sikap Hormat, dan Saling Menghargai. Ada dua fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana peran guru IPS dalam meningkatkan sikap hormat dan saling menghargai di kelas VII MTs Miftahul Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan? Kedua, Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru serta solusinya dalam meningkatkan sikap hormat dan saling menghargai di kelas VII MTs Miftahul Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan? Peran guru dalam meningkatkan sikap hormat dan saling menghargai salah satunya guru harus memiliki sifat atau sikap perilaku yang harus diketahui atau dipahami dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap hormat dan saling menghargai kepada diri sendiri, masyarakat, dan keluarga. Seorang guru harus memiliki sifat, adil dan jujur, karena pada dasarnya guru adalah amanah yang patut memberikan sifat keteladanan kepada siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi triangulasi. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Pertama, Peran guru IPS dalam meningkatkan sikap hormat dan saling menghargai di kelas VII MTs Miftahul Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan sikap hormat dan saling menghargai siswa karena pada hakikatnya pelajaran IPS itu mengacu pada kehidupan sosial melalui beberapa tahapan yaitu: a) Memberikan arahan dan bimbingan, b) Siswa selalu mengucap salam serta berjabat tangan dengan guru ketika sedang berpapasan dimanapun mereka berada, c) Pada saat pembelajaran, siswa menyimak penjelasan guru dengan posisi dudukyang sopan, d) Dengan sesama teman siswa selalu menghargai. Kedua, kendala dan solusi dalam meningkatkan sikar hormat dan saling menghargai di kelasa VII MTs Miftahul Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan diantaranya adalah: a) Karakter siswa yang berbeda-beda, b) Adanya perkembagan teknologi seperti gadged yang bertambah canggih setiap tahunnya, c) Melakukan pendekatan yang lebih dengan siswa, d) Guru harus bersikap adil dan wajar atau tidak memihak kepada seseorang atau sekelompok saja, e) Guru dapat memberikan hukuman yang mendidik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m_088 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:36 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 03:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2325 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |