Qufron, Akhmad (2021) Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Mts Miftahul Anwar Sejati Camplong Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20160701080010_COVER.pdf Download (242kB) |
|
Text
20160701080010_HAL PERSETUJUAN.pdf Download (222kB) |
|
Text
20160701080010_HAL PENGESAHAN.pdf Download (236kB) |
|
Text
20160701080010_ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
20160701080010_KATA PENGANTAR.pdf Download (272kB) |
|
Text
20160701080010_DAFTAR ISI.pdf Download (372kB) |
|
Text
20160701080010_BAB I.pdf Download (418kB) |
|
Text
20160701080010_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
|
Text
20160701080010_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
20160701080010_BAB IV.pdf Download (349kB) |
|
Text
20160701080010_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
20160701080010_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (304kB) |
|
Text
20160701080010_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (232kB) |
|
Text
20160701080010_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
20160701080010_RIWAYAT HIDUP.pdf Download (300kB) |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi Belajar, IPS Motivasi belajar merupakan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan yang ada dapat tercapai. Oleh sebab itu penting bagi guru untuk selalu memberikan motivasi belajar pada setiap proses belajar mengajar. Permasalahan yang mejadi pokok kajian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII?, 2) Bagaimana peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas VIII?, 3) Apa saja hambatan-hambatan guru IPS dalam memberikan motivasi belajar siswa kelas VIII? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulann datanya dilakukan oleh peneliti melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. informannya adalah guru IPS dan siswa kelas VIII. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan tehnik tringulasi dengan sumber. Dan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Dalam memberikan motivasi kepada siswa kelas delapan rupanya tidak mudah, jika dibandingkan dengan siswa kelas tujuh dan kelas sembilan, siswa kelas delapan lebih sulit dalam diberikan motivasi, hal tersebut karena siswa kelas delapan sedang memasuki masa pubertas dimana mereka mudah terpengaruh oleh teman, lingkungan dan sebagainya. Kedua, dalam memberikan motivasi belajar terhadap siswa, guru menerapkan berbagai metode pembelajaran yang menarik yang membuat siswa tidak mudah merasa bosan ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Guru juga kerap kali memberikan hadiah berupa tambahan nilai dan alat-alat tulis kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang guru ajukan. Ketiga, Hambatan yang dialami guru dalam memberikan motivasi kepada siswa adalah kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran IPS serta sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:18 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2351 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |