Rozi, M. Fahrur (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. 20160701080055_Cover_TIPS.pdf Download (384kB) |
|
Text
10. 20160701080055_Halaman Persetujuan_TIPS.pdf Download (306kB) |
|
Text
11. 20160701080055_Halaman Pengesahan_TIPS.pdf Download (268kB) |
|
Text
2. 20160701080055_Kata pengantar_TIPS.pdf Download (291kB) |
|
Text
3. 20160701080055_Daftar Isi_TIPS.pdf Download (298kB) |
|
Text
4. 20160701080055_BAB I_TIPS.pdf Download (416kB) |
|
Text
5. 20160701080055_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
Text
6. 20160701080055_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
7. 20160701080055_BAB IV_TIPS.pdf Download (438kB) |
|
Text
8. 20160701080055_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
9. 20160701080055_Daftar Pustaka_TIPS.pdf Download (399kB) |
|
Text
13. 20160701080055_Keaslian Tulisan_TIPS.pdf Download (417kB) |
|
Text
16. 20160701080055_lampiran_TIPS.pdf Download (612kB) |
|
Text
15. 20160701080055_Riwayat hidup_TIPS.pdf Download (137kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Prestasi Siswa Strategi dan model pembelajaran yang baik, tepat serta efesien sangat dibutuhkan untuk tercapainya kegiatan belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran IPS yang aktif dan inovatif yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran berbasis masalah. Penerapan strategi dan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, dimana siswa terlibat secara langsung dalam proses penemuan pemahaman materi yang diajarkan, sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan dan disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil dari penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Sosiologi Kelas X di MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 (2) Mendeskripsikan kendala dalam model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Sosiologi Kelas X di MA. Tarbiyatun Nasyiin 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangkulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran problem based learning mampu mengatasi kejenuhan siswa serta mampu menginovasi para siswa dalam setiap menghadapi pelajaran (2) kekurang pahaman pendidik tentang model pembelajaran problem based learning dalam mengaplikannya serta sarana yang belum memadai secara keseluruhan dalam membantu lancarnya media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 01:59 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 01:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2375 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |