Jailani, Moh (2021) Penerapan Metode Hukuman Mengaji Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak di Musholla Nurul Hikmah Desa Bicorong Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_COVER_PAI.pdf Download (110kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (280kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_ABSTRAK_PAI.pdf Download (118kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (45kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_BAB I_PAI.pdf Download (179kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_BAB IV_PAI.pdf Download (192kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf Download (107kB) |
|
Text
MOH. JAILANI_20170701011082_SURAT PERNYATAAN.pdf Download (348kB) |
Abstract
Kata Kunci: Hukuman, kedisiplinan, Musholla Kedisiplinan Anak Dalam membentuk kedisiplinan mengaji anak, perlu adanya seseorang yang membentuk, dimana jika kita mendengar kata musholla pastinya ada perihal mengaji Al-Qur’an, dan di musholla pasti ada peraturan dan hukuman, adapun peraturan dan hukuman disini bertujuan hanya untuk mendisiplinkan anak mengaji di musholla, agar anak nantinya bisa terus disiplin tanpa bermain main atau berbicara yang tidak ada manfaatnya ketika mengaji Al-Qur’an. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Mengapa guru menerapkan hukuman mengaji Al-Qur’an dalam membentuk kedisiplinan anak di Musholla Nurul Hikmah, kedua Bagaimana penerapan hukuman mengaji Al-Qur’an dalam membentuk kedisiplinan anak di Musholla Nurul Hikmah, ketiga Bagaimana implikasi hukuman mengaji Al-Qur’an terhadap kedisiplinan anak di Musholla Nurul Hikmah. Penelitian ini menggunakan pemdekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasinya adalah pemilik musholla, anak senior dan junior yang mengaji di musholla, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan dan keajegan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, pengecekan anggota. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Alasan guru menerapkan hukuman mengaji Al-Qur’an dalam hal membentuk karakter ini mempunyai tujuan agar nantinya anak ketika sudah dewasa terbiasa ketika mengaji tidak berbicara serta tidak bermain-main, dan dalam pengambilan ataupun penetapan metode hukuman ini para orang tua anak tidak keberatan,.Kedua Penerapan hukuman mengaji Al-Qur’an dalam membentuk kedisiplinan anak ini diterapkan ketika anak melanggar, untuk waktu tidak ada kapan, akan tetapi lamanya menajalani hukuman ini, yakni sampai semua anak yang tidak melanggar selesai mengaji Al-Qur’an, dan juga dalam menjalani hukuman ini sambil berdiri, dan ada diluar sehingga anak merasa malu jika ada orang yang lewat di sekitar musholla nurul hikmah. Ketiga Implikasi hukuman mengaji Al-Qur’an terhadap kedisiplinan anak di musholla nurul hikmah disini mempunyai efek jerra
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 03:24 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 03:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2386 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |