Implementasi Authentic Assessment Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep dalam Konteks kurikulum 2013

Hidayat, Imam (2021) Implementasi Authentic Assessment Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep dalam Konteks kurikulum 2013. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Imam Hidayat_20160701010064_Cover_PAI.pdf.pdf

Download (238kB)
[img] Text
c) Imam Hidayat_20160701010064_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf.pdf

Download (127kB)
[img] Text
d) Imam Hidayat_20160701010064_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf.pdf

Download (266kB)
[img] Text
e) Imam Hidayat_20160701010064_Abstrak_PAI.pdf.pdf

Download (149kB)
[img] Text
f) Imam Hidayat_20160701010064_Kata_Pengantar_PAI.pdf.pdf

Download (275kB)
[img] Text
g) Imam Hidayat_20160701010064_Daftar_Isi_PAI.pdf.pdf

Download (161kB)
[img] Text
h) Imam Hidayat_20160701010064_BAB I_PAI.pdf.pdf

Download (304kB)
[img] Text
i) Imam Hidayat_20160701010064_BAB II_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
j) Imam Hidayat_20160701010064_BAB III_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
k)Imam Hidayat_20160701010064_BAB IV_PAI.pdf.pdf

Download (404kB)
[img] Text
l) Imam Hidayat_20160701010064_BAB V_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
m) Imam Hidayat_20160701010064_Daftar_Pustaka_PAI.pdf.pdf

Download (270kB)
[img] Text
b) Imam Hidayat_20160701010064_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PAI.pdf.pdf

Download (155kB)

Abstract

Kata Kunci: Authentic Assesmeent, Fiqih Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana implementasi Authentic Assessment pada mata pelajaran Fiqih kelas II (2) di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep? Kedua, Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung terhadap implementasi Authentic Assessment pada mata pelajaran fiqih kelas II (2) di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep dalam Konteks kurikulum 2013? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Display Data dan Penarikan Kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan, perpanjangan kehadiran penelitian, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan, peratama, Implementasi Authentic Assessment atau pelaksanaan Penilaian Otentik yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fiqih kelas 2 bisa dikatakan berhasil dalam penerapan kurikulum 2013. Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan Authentic Assessment pada mata pelajaran fiqih di MTs Assalafiyah Sera Barat Bluto Sumenep dalam Konteks Kurikulum 2013 ialah a). afektif guru fiqih melakukan observasi langsung terhadap peserta didik dan mengamati tingkah laku mereka terhadap teman sebaya dan guru, penilaian ini dilakukan secara langsung dan disimpulkan kemudian dicatat dalam lembar penilaia b). kognitif guru fiqh memberikan ulangan harian dan tugas untuk mengukur pengetahuan kognitifnya c). psikomotorik guru fiqih melakukan penilaian dengan cara melakukan praktek seperti praktek shalat, doa shalat, gerakan, rukuk, sujud dan lain sebagainya. Kedua, Faktor penghambat dan faktor pendukung terhadap implementasi authentic assassment pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep dalam Konteks Kurikulum 2013 ialah faktor pendukungnya yaitu mendelegasikan guru-guru untuk ikut berbagai pelatihan atau penataran yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, melengkapi fasilitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakter setiap siswa yang dimilikinya yang menjadi kesulitan guru dalam mengimplemintasikan authentic assassment

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71I ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:23
Last Modified: 14 Apr 2022 03:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2389

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item