Hasanah, Hikmatul (2021) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tahidz Al-qur’an di Madrassah Aliyah Negeri Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
COVER.pdf Download (240kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (105kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (251kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (397kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (614kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (528kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (363kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf Download (159kB) |
Abstract
Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Tahfidz, Al-qur’an. Dalam melaksanakan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Sampang, tentunya melalui proses untuk mengadakan ekstrakurikuler tersebut.Meskipun prosesnya agak rumit untuk dilalui oleh para guru di MAN Sampang mengenai pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an, para guru tetap semangat untuk mengadakan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an. Dengan salah satunya kepala tetap semangat dalam memilih pembina ekstrakurikuler tahfidz al�qur’an dengan cara lebih memperdalam lagi tentang tahfidz al-qur’an. Dengan melaksanakan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an tersebut berarti Madrasah Aliyah Negeri Sampang telah ikut andil untuk mengembangkan generasi muda dalam menjaga dan memelihara kemurniaan al-qur’an. Pastinya untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi. Sesuai dengan visi yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Sampang yaitu berakhlakul karimah dan unggul dalam berprestasi. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, Yaitu:pertama, Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Sampang? dan kedua, apa dampak dari pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Sampang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di MAN Sampang karena peneliti sendiri merupakan alumni MAN Sampang serta juga agar dapat lebih mudah mendapatkan informasi. Subjek penelitian adalah kepala Madrasah, guru pembina ekstrakurikuler tahfidz Al�qur’an, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara , observasi, dan juga dokumntasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama berkaitan dengan pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Sampang yaitu ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an dilaksankan atas hasil rapat para guru dengan syartat ada salah satu guru yang bisa menjadi pembina ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an tersebut. Karena ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an merupakan ekstrakurikuler yang baru di terapkan di MAN Sampang. . Berkaitan dengan permasalahan penelitian yang kedua yaitu: dampak dari pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Sampang tentunya memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif bagi siswa secara moral lebih baik lagi, bagi siswa siswi yang bersungguh�sungguh mau mengikuti ekstrakurikuler tersebut. Dampak negatifnya ekstrakurikuler tersebut dijadikan batu loncat bagi siswa untuk tidak mengikuti KBM di kelas bagi siswa yang tidak bersungguh-sungguh mau mengikuti ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an dan tidak mau belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m69B ?? ?? m_069 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 03:22 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 03:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2390 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |