Pembentukan Karakter Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di SMPN 1 Larangan Pamekasan

Wahyudi, Fahrian (2021) Pembentukan Karakter Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di SMPN 1 Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_Cover_PAI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_Abstrak_PAI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_BAB I_PAI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_BAB IV_PAI.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Fahrian Wahyudi_20160701010045_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf

Download (400kB)

Abstract

Kata Kunci: Sekolah Adiwiyata, Pendidikan Karakter Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana program sekolah adiwiyata di SMPN 1 Larangan Pamekasan, Kedua, Bagaimana pembentukan karakter siswa melalui sekolah adiwiyata di SMPN 1 Larangan Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Display Data dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, program Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan, diantaranya ialah, a). Menerapkan kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan b). Menerapkan kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup seperti menambahkan mata pelajaran Pendidikan Likungan Hidup c). Menerapkan kegiatan lingkungan hidup berbasis partisipatif d). Menerapkan pengelolaan dan pemanfaatan sarana prasarana sekolah untuk menunjang kegiatan berbasis lingkungan hidup. Kedua, Pembentukan karakter siswa melalui sekolah adiwiyata di SMPN 1 Larangan Pamekasan ialah, a). Pada saat kegiatan belajar mengajar selain memberikan materi pelajaran guru juga memberikan motivasi dan pembinaan tentang peduli terhadap lingkungan sekitar, kesantunan dan kesopanan. b). Melalui ekstra kurikuler pramuka, di dalam kegiatan pramuka siswa juga ditanamkan pendidikan karakter sehingga nantinya siswa akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab, jujur, dan peduli terhadap lingkungan sekitar. c). Pembiasaan, yakni pembacaan yasin di awal KBM serta sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, selain itu setiap pagi guru menyambut siswa di awal jam masuk dan apabila ada prilaku siswa yang kurang baik maka guru akan memberikan pembinan dengan menegur perilaku siswa tersebut. d). Pembinaan melalui BK atau bimbingan konseling, yang meliputi pembinaan dan penyadaran tentang kesantunan, kejujuran, dan lain sebagainya. Keberhasilan dalam pembentukan karakter siswa bisa dikatakan berhasil. Sedangkan faktor pendungkung pembentukan karakter siswa adalah kekompakan guru-guru dalam bertanggung jawab untuk membentuk karakter siswa. Dan penghambatnya adalah dari siswa itu sendri apakah masih ada kemauan atau tidak untuk berperilaku baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m71F ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:53
Last Modified: 14 Apr 2022 02:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2416

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item