Arif, Ulinnikmah (2021) Implementasi Kurikulum dengan Sistem Kredit Semester dalam Percepatan Studi Siswa di MTsN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_Cover_MPI.pdf Download (27kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_Halaman Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf Download (44kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_Halaman Pengesahan_MPI.pdf Download (78kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_Abstrak_MPI.pdf Download (8kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_Daftar ISi_MPI.pdf Download (269kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_ BAB I_MPI.pdf Download (180kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_BAB IV_MPI.pdf Download (589kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_Daftar Rujukan_MPI.pdf Download (159kB) |
|
Text
Ulinnikmah Arif_18381042157_Pernyataan Keaslian Tulisan_MPI.pdf Download (69kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Sistem Kredit Semester, Percepatan Studi Siswa Implementasi kurikulum merupakan suatu konsep kurikulum yang semula tertulis namun dituangkan menjadi pelaksanaan dalam pembelajaran. Pada umumnya penerapan kurikulum lembaga pendidikan kita saat ini banyak yang menggunakan sistem paket. Untuk merespon sistem paket dalam pembelajaran di sekolah, hal tersebut perlu adanya perubahan yang signifikan. Inovasi dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan juga perlu diupayakan. Salah satunya dengan inovasi penyelenggaraan kurikulum dengan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam lembaga pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana implementasi kurikulum sistem kredit semester dalam percepatan studi siswa di MTsN 3 Pamekasan; kedua, apa saja faktor pendukung sehingga implementasi kurikulum dengan sistem kredit semester bisa dicanangkan sebagai percepatan studi siswa di MTsN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Madrasah, Waka Akademik, Waka Kesiswaan, Guru BK, Guru Mapel, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian yang pertama, yaitu implementasi kurikulum dengan sistem kredit semester dalam percepatan studi siswa di MTsN 3 Pamekasan yaitu 6-3-3-3-3-6 selama enam semester. 6 (enam) bulan pada semester pertama, 3 (tiga) bulan pada semester kedua, 3 (tiga) bulan pada semester ketiga, 3 (tiga) bulan pada semester keempat, 3 (tiga) bulan pada semester kelima, dan 6 (enam) bulan pada semester keenam. Dan hasil penelitian yang kedua, yaitu apa saja faktor pendukung sehingga implementasi kurikulum dengan sistem kredit semester bisa dicanangkan sebagai percepatan studi siswa di MTsN 3 Pamekasan berupa adanya sarana dan prasarana Madrasah yang memadai, guru dan tenaga kependidikan yang kompeten, dukungan dari masyarakat sekitar Madrasah, dukungan dari pengasuh pondok pesantren, dan dukungan dari wali murid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71I ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:25 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 03:25 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2496 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |