Alim, Hairul Syamsul (2021) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Guna Mengembangkan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Belajar Siswa Kelas Lima Di SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_Cover_PGMI..pdf Download (106kB) |
|
Text
c) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing _PGMI..pdf Download (163kB) |
|
Text
d) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_Lembar Pengesahan _PGMI..pdf Download (239kB) |
|
Text
e) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_Abstrak_PGMI..pdf Download (285kB) |
|
Text
f) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_Daftar_Isi_PGMI..pdf Download (139kB) |
|
Text
g) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_BAB I_PGMI..pdf Download (213kB) |
|
Text
h) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_BAB II_PGMI..pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
i) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_BAB III_PGMI..pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text
J) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_BAB IV_PGMI..pdf Download (344kB) |
|
Text
k) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_BAB V_PGMI..pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
l) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_Daftar_Pustaka_PGMI..pdf Download (226kB) |
|
Text
b) Hairul Syamsul Alim_ 20160701050025_ Surat_Pernyataan keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI..pdf Download (103kB) |
Abstract
Kata Kunci : Teknik Think Pair Share, Aktivitas belajar, Pemahaman belajar Teknik Think pair share adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling bantu sama lain. Model ini memperkenalkan ide “waktu berpikir atau waktu tunggu” yang menjadi faktor kuat dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan, serta lebih sederhana karena tidak menyita waktu yang lama untuk mengatur tempat duduk ataupun mengelompokkan siswa dan melatih siswa untuk berani berpendapat dan menghargai pendapat teman. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana langkah-langkah; kedua, Apa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share (TPS), guna mengembangkan aktivitas belajar dan pemahaman belajar siswa kelas lima di SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru kelas, dan siswa. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, teknik think pair share pertama, menyampaikan materi dan mengemukakan sebuah pertanyaan umum atau terekspos yang bisa ditanggapi lewat berbagai macam tanggapan. kedua, guru menyuruh murid agar berkelompok serta mendiskusikan pertanyaan yang dikasih gurunya. Ketiga, siswa menyampaikan pendapatnya masing-masing di depan kelas secara bergiliran serta kelompok yang lainya mendengarkan pemaparan dari temannya. Langkah terakhir yaitu guru serta peserta didik menyimpulkan tentang apa yang sudah di pelajari pada hari tersebut. Kedua, Faktor pendukung terlaksananya model pembelajaran kooperatif teknik think pair share guna mengembangkan aktivitas belajar dan pemahaman belajar siswa kelas lima di SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan ialah, ketelatenan guru, sarana dan prasarana, dan juga kekreatifan guru dalam memilih model dan teknik pembelajaran. Faktor penghambatnya ialah, sumber belajar dan alat peraga yang masih minim, IQ yang diciptakan oleh peserta didik sendiri, sehingga itu dapat mempengaruhi proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71H ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:24 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 03:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2498 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |