Jamilah, Nur (2021) Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nur Jamilah_18381092087_Cover_BKPI..pdf Download (181kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf Download (24kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_Abstrak_BKPI..pdf Download (148kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_Daftar Isi_BKPI..pdf Download (156kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_BAB I_BKPI..pdf Download (514kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_BAB II_BKPI..pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_BAB III_BKPI..pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_BAB IV_BKPI..pdf Download (592kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_BAB V_BKPI..pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_Daftar_Pustaka_BKPI..pdf Download (370kB) |
|
Text
Nur Jamilah_18381092087_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_BKPI.pdf Download (44kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pelaksanaan, Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang rendah,karena faktor internal dan eksternal. Sehingga membutuhkan peran bimbingan dan konseling di dalamnya. Sebab akan berdampak pada pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Al�Djufri Aeng Penay Blumbungan Larangan Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut ada 3 fokus penelitian yang menjadi acuan kajian peneliti, yaitu: Pertama bagaimana gambaran motivasi belajar siswa MTs Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan Larangan Pamekasan?. Kedua bagaimana implementasi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Al�Djufri Aeng Penay Blumbungan Larangan Pamekasan? Ketiga Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan Larangan Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian, dilakukan melalui perpanjang keikursertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, motivasi belajar siswa yang rendah berasal dari diri individu itu sendiri, sehingga tidak mengerjakan tugas, tidak membawa buku pelajaran, dan keluar kelas. Siswa yang tergolong memiliki motivasi belajar tinggi, cenderung aktif di dalam kelas, sering bertanya dan berpendapat, ingin mempunyai nilai tinggi. Kedua, Pada tahap persiapan yaitu melakukan need assesment, serta membuat RPL. Guru BK menggunakan layanan bimbingan klasikal dan layanan konseling. Ketiga, Faktor pendukung berupa adanya jadwal masuk kelas, fasilitas yang disediakan sekolah, penyamapaian guru BK. Faktor penghambat implementasi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berupa ruangan BK yang kurang memadai dan kurangnya pemahaman warga sekolah tentang BK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 02:51 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 02:51 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2533 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |