Maufiroh, Ita (2021) Implementasi Manajemen Kelas PAUD Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Di PAUD Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Ita Maufiroh_20170701062026_Cover_PAUD.pdf Download (71kB) |
|
Text
c. Ita Maufiroh_20170701062026_Halaman Persetujuan_PAUD.pdf Download (32kB) |
|
Text
d. Ita Maufiroh_20170701062026_Lembar Pengesahan_PAUD.pdf Download (47kB) |
|
Text
e. Ita Maufiroh_20170701062026_Abstrak_PAUD.pdf Download (77kB) |
|
Text
f. Ita Maufiroh_20170701062026_Daftar Isi_PAUD.pdf Download (69kB) |
|
Text
g. Ita Maufiroh_20170701062026_BAB I_PAUD.pdf Download (143kB) |
|
Text
h. Ita Maufiroh_20170701062026_BAB II_PAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
i. Ita Maufiroh_20170701062026_BAB III_PAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
j. Ita Maufiroh_20170701062026_BAB IV_PAUD.pdf Download (193kB) |
|
Text
k. Ita Maufiroh_20170701062026_BAB V_PAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
l. Ita Maufiroh_20170701062026_Daftar-Pustaka_PAUD.pdf Download (91kB) |
|
Text
b. Ita Maufiroh_20170701062026_Keaslian Tulisan_PAUD.pdf Download (44kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Keaktifan Siswa Fenomena yang terjadi di PAUD Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan di dalam kegiatan proses pembelajarannya guru pendidikan anak usia dini selalu mengupayakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran tersebut. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Tahapan Implementasi Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di PAUD Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di PAUD Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verification data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, tahapan implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan keaktifan siswa di PAUD Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan, maka peneliti mendapatkan temuan penenlitian, diantaranya ialah a). memotivasi siswa agar berkonsentrasi saat mengikuti kegiatan proses pembelajaran b). menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti media poster dan puzzle sehingga dapat membangkitkan minat atau rangsangan siswa dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran. c). ruang kelas yang cukup memadai. d). pengaturan tempat duduk di rolling dan dibuat bervariasi oleh guru setiap kali pertemuan kegiatan proses pembelajaran. Kedua, faktor penghambat dalam implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan keaktifan siswa di PAUD Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan, diantaranya ialah siswa yang kurang disiplin, siswa yang belum lancar membaca dan siswa yang mempunyai daya serap yang kurang dalam menerima pelajaran. Adapun faktor pendukung diantaranya ialah tersedianya fasilitas yang memadai, siswa yang mempunyai semangat untuk belajar, dan terjalinnya koordinasi yang baik antara guru dengan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71H ?? ?? m71K ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 02:31 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 02:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2659 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |