Penerapan Multimedia Interaktif Microsoft Power Point dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA pada Kelas IV SDN Konang 2 Pamekasan Tahun 2021

Hanafi, Fais (2021) Penerapan Multimedia Interaktif Microsoft Power Point dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA pada Kelas IV SDN Konang 2 Pamekasan Tahun 2021. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_Cover_PGMI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_Abstrak_PGMI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_BAB 1_PGMI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_BAB IV_PGMI.pdf

Download (580kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Fais Hanafi_20170701051019_Surat_Pernyataan__Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (346kB)

Abstract

Kata kunci: Motivasi Belajar, Mutimedia Interaktif, materi Gaya dan Cahaya Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk belajar. Dalam proses pembelajaran motivasi belajar siswa sangat diperlu diperlukan agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan oleh pendidik. Selain itu motivasi belajar siswa juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini ada 3 fokus penelitian diantaraya, penerapan media Power Point agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, kemudian materi gaya dan cahaya setelah diberikan tindakan menggunakan media power point, dan faktor pendukung serta penghambat penggunaan media power point. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Untuk tekhnik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumen, dan triangulasi. Dalam tekhnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran agar guru dapat mempelajari informasi bersifat abtrak menjadi lebih konkrit. Metode yang digunakan adalah metode based leaning dengan menggunakan media interaktif microsoft power point pada kelas IV SDN Konang 2 sebanyak 15 siswa. Hasil pada penelitian ini rata-rata mengalami peningkatan motivasi belajar 93,3%. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil perbandingan dari hasil presentase pra siklus yang mencapai 73,3%, sedangkan pada siklus pertama 80%, pada siklus kedua yang mencapai 93,3%. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada pra siklus ke siklus 1 mengalami kenaikan sebesar 2,27. Kemudian siklus 1 ke siklus 2 mengalami kenaikan sebesar 1,33%. Faktor pendukung dalam penerapan multimedia interaktif microsoft power point meliputi sarana yaitu proyektor dan papan tulis putih. Sarana-sarana tersebut bertujuan mempermudah tampilan video, dan power point. Untuk faktor dalam penerapan mutimedia interktif microsoft power point penghambatnya adalah proyektor tidak dipasang secara permanen di kelas. Sehingga membutuhkan waktu untuk memasang dan menggunakannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71F ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:27
Last Modified: 11 Apr 2022 02:27
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2662

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item