Handayani, Nurul (2021) Analisa Kecenderungan Kenakalan Siswa Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di SMPN 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_Cover_BKPI.pdf.pdf Download (128kB) |
|
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf.pdf Download (245kB) |
|
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_ Lembar Pengesahan_BKPI.pdf.pdf Download (272kB) |
|
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_Abstrak_BKPI.pdf.docx Download (20kB) |
|
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_Daftar_Isi_BKPI.pdf.pdf Download (11kB) |
|
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_BAB I_BKPI.pdf.pdf Download (392kB) |
|
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_ BAB II_BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
Text
Nurul Hnadayani_ 20170701092080_BAB III_BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
Nurul Handayani_20170701092080_BAB IV_BKPI.pdf.pdf Download (912kB) |
|
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_BAB V_BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf.pdf Download (158kB) |
|
Text
Nurul Handayani_ 20170701092080_ Surat_ Pernyataan Keaslian_BKPI.pdf.pdf Download (163kB) |
Abstract
Kata kunci: Kenakalan Siswa, Pola Asuh, Bimbingan Konseling Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena dan informasi kenakalan siswa di SMPN 4 Pamekasan yang dilatarbelakangi dari pola asuh orang tua. Informasi ini didapatkan dari guru bimbingan konseling. Banyak teori mengatakan urgensi pola asuh orang tua sangat penting untuk membentuk perilaku anak. Orang tua tidak hanya sekedar menyekolahkan anak, membiayai kebutuhan fisik. Namun memberikan perhatian pada perilaku anak diluar rumah seperti di sekolah dan dlingkungan sosial juga sangat penting. Mengetahui informasi tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Ada tiga fokus penelitian yang diformulasikan, yaitu; Bagaimana gambaran kenakalan siswa di SMPN 4 Pamekasan, bagaimana pada pola asuh orang tua kepada anak di sekolah tersebut, dan bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui, memahami dan menggambarkan fenomena yang diteliti. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan tidak instrument penelitian yaitu wawancara, obsertasi dan dokumentasi. objek penelitian ini yaitu guru bimbingan konseling, siswa SMPN 4 Pamekasan kelas VIII ABCD, dan orang tua/wali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama ada delapan gambaran kenakalan siswa di SMPN 4 Pamekasan, yaitu; malas dan tidak mengerjakan tugas, sering tidak masuk sekolah, tidak disiplin, usil kepada temannya, mengejek/bullying, bertengkar, asusila dan merokok. Kedua, ada dua jenis pola asuh orang tua kepada anak di SMPN 4 Pamekasan, yaitu pola asuh orang tua yang merawat/memelihara dan pola asuh orang tua rileks/santai. Ketiga, upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPN 4 Pamekasan dilakukan dengan enam cara, yaitu; teguran langsung, pemanggilan dan nasehat di ruang bk analisa kebutuhan, pengawasan dan pendekatan, kunjunga kerumah / home visit, dan pemanggilan orang tua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_002 ?? ?? m_104 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 02:35 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 02:35 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2697 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |