Penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di SMK Mabdaul Falah Desa Kaduara Barat

Firdausi, Yoga Prima (2021) Penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di SMK Mabdaul Falah Desa Kaduara Barat. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_Cover_PAI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_Abstrak_PAI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_BAB I_PAI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_BAB IV_PAI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Yoga Prima Firdausi_20170701011152_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan Persetujuan_Publikasi_PAI.pdf

Download (17kB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Kitab Washoya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menarik yang peneliti temukan di SMK Mabdaul Falah dalam kegiatan pembelajaran yakni penerapan pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran kitab washoya sebelum KBM dimulai. Sehingga menjadikan karakter siswa menjadi lebih baik dalam berbudi pekerti pada setiap tingkah lakunya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengangkat tiga fokus penelitan, yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di SMK Mabdaul Falah; Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di SMK Mabdaul Falah; Ketiga, Bagaimana solusi mengatasi faktor penghambat penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di SMK Mabdaul Falah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran kitab washoya sebelum KBM dimulai, berikut faktor pendukung, penghambat, dan solusi mengatasi hambatannya. Peneliti dalam melakukan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Mabdaul Falah Desa Kaduara Barat Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Sumber data yang diperoleh oleh Peneliti berupa wawancara kepada pihak yang bersangkutan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan pendidikan karakter siswa melaui pembelajaran kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar di SMK Mabdaul Falah adalah kegiatan rutin setiap pagi yang telah terlaksana sejak dulu sampai saat ini dengan diawali pembacaan surah munjiat bersama. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab washoya di SMK Mabdaul Falah didukung dengan keterbiasaan siswa yang telah mengikuti kegiatan tersebut sejak lama, dan tentu saja didukung dengan guru pengajar yang kompeten dibidangnya sehingga pendidikan karakter di SMK Mabdaul falah dapat berjalan dengan baik. Selain itu pasti ada faktor yang menjadi penghambat berjalannya kegiatan itu, diantaranya adalah ketidak disiplinan siswa yang datang terlambat dalam mengikuti pembelajaran kitab washoya setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Ketiga, solusi untuk mengatasi faktor penghambat yang terjadi pada Penerapan pendidikan karakter siswa melalui pengajian kitab washoya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai di SMK Mabdaul Falah adalah berupa sanksi langsung yang diberikan guru kepada siswa yang datang terlambat, bahkan ketika sisw tersebut tetap melanggar maka tindakan selanjutnya sekolah akan mengundang orang tua siswa kesekolah untuk menindaklanjuti masalah tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m71E ??
?? m71F ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:46
Last Modified: 07 Apr 2022 01:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2731

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item