Firdaus, Anisatul (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pengunjung Hotel Wisata Camplong di Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-COVER-ES.pdf Download (169kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-PERSETUJUAN PEMBIMBING-ES.pdf Download (60kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-HALAM PENGESAHAN-ES.pdf Download (88kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-ABSTRAK-ES - Salin.pdf Download (247kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-DAFTAR ISI-ES.pdf Download (299kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-BAB I-ES.pdf Download (599kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-BAB II-ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-BAB III-ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-BAB IV-ES.pdf Download (514kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-BAB V-ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-DAFTAR RUJUKAN-ES.pdf Download (324kB) |
|
Text
L. FITRI INDRAYANTI-18383032093-SURAT KEASLIAN TULISAN-ES.pdf Download (87kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Pengunjung. Hotel merupakan sarana akomodasi yang menyediakan tempat menginap, makan, minum serta pelayanan lain yang dibutuhkan oleh parawisatawan. Pelayanan merupakan salah satu produk yang ditawarkan hotel. Pelayanan yang berkualitas akan memberikan rasa kepuasan bagi pengunjung hotel, begitupula dengan harga yang ditawarkan, jika harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas pelayanan, manfaat, dan juga terjangkau maka juga akan memberikan rasa puas bagi pengunjung hotel. Kepuasan pengunjung akan berdampak kenaikan atau penurunan jumlah pengunjung hotel, karena ketika pengunjung puas dengan kualitas pelayanan dan harga yang ditawarkan maka pengunjung akan berkunjung kembali dan bersedia untuk merekomendasikan. Penurunan pengunjung hotel dirasakan oleh Hotel Wisata Camplong, dimana dari data yang diperoleh di lima tahun terakhir (2016-2020) terdapat penurunan jumlah pengunjung. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor dan penulis berasumsi jika kualitas pelayanan dan harga menjadi faktor menurunnya jumlah pengunjung hotel akibat ketidak puasan pengunjung Hotel Wisata Campong. Dari hal tersebut maka terdapat tiga permasalahan yaitu: pertama, apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada Hotel Wisata Camplong; kedua, apakah harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada Hotel Wisata Camplong; ketiga, apakah kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada Hotel Wisata Camplong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif inferensial. Jumlah populasi sebanyak 1.204 dengan jumlah sampel 92 reponden. Sumber data diperoleh dari kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Kuesioner diberikan kepada responden untuk menjawab sebanyak 30 pernyataan yang diberikan, wawancara dilakukan kepada pihak manager marketing hotel, dan dokumentasi dibutuhkan untuk mengetahui jumlah pengunjung di lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Hotel Wisata Camplong di kabupaten Sampang, hal ini dapat dilihat dari uji t yang telah dilakukan dimana nilai thitung sebesar 3,019 lebih besar dari ttabel 1,98698 dengan nilai sig 0,003 kurang dari 0,05; kedua, harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung Hotel Wisata Camplong di Kabupaten Sampang, hal ini dapat dilihat dari uji t dimana nilai thitung sebesar 2,038 lebih besar dari ttabel 1,98698 dengan nilai sig 0,045 kurang dari 0,05; ketiga, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pengunjung Hotel Wisata Camplong di Kabupaten Sampang. Hal ini dapat dilihat dari uji F dimana nilai Fhitung sebesar 6, 951 lebih besar dari Ftabel 3,10 dengan nilai sig 0,002 kurang dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_196 ?? ?? m_212 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:33 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:33 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2911 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |