Ishak, Moh. (2022) Optimalisasi Manajemen Pembiayaan Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Moh. Ishak_18381041103_COVER_MPI.pdf Download (62kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (115kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf Download (206kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_ABSTRAK_MPI.pdf Download (186kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_BAB I_MPI.pdf Download (537kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_BAB IV_MPI.pdf Download (838kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (398kB) |
|
Text
Moh. Ishak_18381041103_Keaslian_Tulisan_Karya_MPI.pdf Download (203kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Pembiayaan, Ekstrakurikuler Pembiayaan merupakan penyediaan uang yang digunakan untuk tujuan tertentu dan pertimbangan tertentu pula dalam menggunakannya. Manajemen pembiayaan merupakan usaha dalam mengoptimalkan pembiayaan di sekolah dengan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai tujuan. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan diluar jam mata pelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler perlu biaya dalam melaksanakannya. Melalui kegiatan manajemen pembiayaan, maka hal ini merupakan langkah positif untuk merealisasikan rencana kegiatan ekstrakurikuler yang telah ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut, fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana optimalisasi perencanaan pembiayaan pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Pamekasan; kedua, bagaimana optimalisasi pelaksanaan pembiayaan pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Pamekasan; ketiga, bagaimana optimalisasi evaluasi pembiayaan pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, dan bendahara sekolah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, penggunaan bahan referensi, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Perencanaan pembiayaan didasarkan pada kebutuhan sekolah yang didapat dari raport mutu sekolah yang akan dimuat pada RKAS (Rencana kegiatan dan anggaran sekolah) sesuai estimasi dana yang diperlukan pada kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, Pelaksanaan pembiayaan terdiri dari dua kegiatan yakni penerimaan dan pengeluaran, penerimaan bersumber dari dana BOS kemudian dikelola oleh bendahara, sedangkan pengeluaran dana diberikan langsung oleh bendahara sekolah kepada penanggungjawab kegiatan ekstrakurikuler melalui persetujuan kepala sekolah. Ketiga, Evaluasi pembiayaan dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari kegiatan ekstrakurikuler. Dalam membuat laporan pertanggungjawaban dilakukan secara terperinci dengan memuat fakta dan bukti seperti kwitansi dan dokumentasi. Pengawasan dilakukan oleh pihak internal yang diawasi langsung oleh kepala sekolah dan pihak eksternal yakni dari tim yang dibentuk oleh manajemen BOS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 00:46 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 06:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2974 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |