Aisyah, Siti (2020) Kepemimpinan Kyai Dalam Menerapkan Manajemen Perubahan Pendidikan Pesantren di Pondok Pesantren An-nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Siti Aisyah_ 18201401040188_Cover_MPI.pdf.pdf Download (212kB) |
|
Text
c) Siti Aisyah_18201401040188_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf.pdf Download (23kB) |
|
Text
d) Siti Aisyah_18201401040188_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf.pdf Download (32kB) |
|
Text
e) Siti Aisyah_18201401040188_Abstrak_MPI.pdf.pdf Download (87kB) |
|
Text
f) Siti Aisyah_18201401040188_Daftar_Isi_MPI.pdf.pdf Download (190kB) |
|
Text
g) Siti Aisyah_18201401040188_BAB I_MPI.pdf.pdf Download (324kB) |
|
Text
h) Siti Aisyah_18201401040188_BAB II_MPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
Text
i) Siti Aisyah_18201401040188_BAB III_MPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
Text
j) Siti Aisyah_18201401040188_BAB IV_MPI.pdf.pdf Download (468kB) |
|
Text
k) Siti Aisyah_18201401040188_BAB V_MPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
h) Siti Aisyah_18201401040188_Daftar_Pustaka_MPI.pdf.pdf Download (364kB) |
|
Text
b) Siti aisyah_18201401040188_Surat pernyaan keaslian_Karya_dan_Persetujuan publikasi_MPI.pdf.pdf Download (37kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pondok Pesantren, Kepemimpinan kyai, Manajemen Perubahan Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam yang bertujuan untuk mendalami ilmu agama Islam. Dimana biasanya di dalam pondok pesantren dipimpin oleh seorang kyai, dan kyai tersebut merupakan pusat atas segala keputusan dalam pengelolaan pondok pesantren tersebut. Akan tetapi seiring perkembangan zaman posisi kyai yang sentral, otoriter, dan pusat seluruh kebijakan dan perubahan menjadi kurang efektif lagi pada saat ini, karena masa depan pesantren sangat ditentukan oleh faktor manajerial. Pesantren kecil akan berkembang jika dikelola secara profesional dan begitupun sebaliknya. Dengan adanya perkembangan zaman ini, bukan hanya model kepemimpinan kyai yang mendapatkan tuntutan perubahan akan tetapi juga pendidikan yang ada di dalam pesantren. Dan untuk terwujudnya perubahan pendidikan tersebut dibutuhkan seorang pemimpin yang visioner dan kompeten di bidangnya, Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga hal yang menjadi fokus dari penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana kyai dalam mengelola perubahan pondok pesantren; kedua, bagaimana kyai dalam mengendalikan konflik; ketiga, bagaimana kyai dalam mengambil keputusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kyai sebagai ketua yayasan, ketua pondok putra, sekretaris pondok putra, dan alumi.. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dalam mengelola perubahan pondok pesantren, kyai tidak melakukannya sendirian melainkan melebatkan seluruh elemen yang ada di pesantren bahkan juga melibatkan masyarkat. kedua, pengendalian konflik dilakukan dengan cara yang halus yaitu dengan cara musyawarah, jika konflik tersebut dalam hal kepesantrenan maka para asatidz dan pengurus yang menangani, akan tetapi jika para asatidz dan pengurus sudah tidak mampu maka hal tersebut melibatkan pengasuh yaitu kyai. Akan tetapi jika konflik yang terjadi menganai yayasan maka pengurus yayasan langsung yang melakukan musyawarah dan mencari solusi bersama, bahkan juga menghadirkan orang-orang yang terlibat konflik sehingga semua diselesaikan secara bersama dan menemukan jalan keluar yang terbaik untuk semuanya. Keempat, menganai pengambilakn keputusan dilakukan secara bermusyawarah sehingga melahirkan keputusan bersama bukan keputusan sepihak, sehingga tidak ada yang merasa keberatan karena semuanya memang dilakukan secara kebersamaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 07:14 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 02:52 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/308 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |