Implementasi K13 pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Negeri 2 Pamekasan

Suhartono, Moh (2022) Implementasi K13 pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. SAMPUL SKRIPSI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
persetjuan.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (122kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (99kB)

Abstract

Kata Kunci: K13, Pembelajaran, Akidah Akhlak Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah adalah bagian integral dari Pendidikan Agama. Walaupun bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik tapi secara subtansi, pembelajaran akidah akhlak memberikan konstribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengamalkan nilai-nilai keyakinan (Tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan kurikulum 2013 yang tidak terlaksana secara maksimal karena pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII di MTs Negeri 2 Pamekasan masih ada problem yang masih menjadi kendalanya. Sementara dalam kegiatan belajar mengajarnya masih menggunakan metode lama yaitu ceramah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran akidah akhlak Kelas VIII di MTs Negeri 2 Pamekasan. Kedua, Apa saja problematika implementasi K13 pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII dan bagaimana solusi dari problematika implementasi K13 pada pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 2 Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Akidah Akhlak, serta siswa MTs Negeri 2 Pamekasan. Adapun tehnik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), serta verifikasi data (penarikan kesimpulan). Sedangkan tehnik pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII masih mengalami banyak problem. Adapun persiapannya adalah dengan peningkatan kemampuan guru, ada sosialisasi, dan ada pelatihan, bahkan setiap awal tahun diadakan rapat kerja, untuk menyusun dokumen-dokumen seperti kurikulum 2013 revisi, termasuk juga penyusunan silabus, penyusunan rpp, penyusunan prota, promes. 2) Problematika dalam penerapan implementasi kurikulum 2013 ini adalah sarana prasarana yang masih kurang memadai, metode ceramah menjadi salah satu metode yang digunakan dan sistem penilaian yang masih sangat sulit untuk mendapatkan nilai secara valid. Solusi atau upaya yang telah dilakukan pada sarana dan prasarana penggunaan dana sekolah dari pemerintah telah dimaksimalkan untuk menunjang pendidikan. Misalnya terdapat lab yang dapat digunakan oleh setiap kelas, kipas angin di dalam setiap kelas, dan alat – alat pembelajaran laiinya. solusi dalam mengatasi problematika pada metode pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah, guru akidah akhlak telah memodifikasi metode ceramah dengan metode lainnya, misalnya dalam metode ceramah membentuk sebuah kelompok yang nantinya setiap kelompok akan menjelaskan materi yang telah dibagikan. Solusi yang terakhir adalah sistem penilaian, guru akidah akhlak memaksimalkan sistem penilaian dengan cara bekerja sama dengan semua guru mata pelajaran untuk menilai peserta didik, hal ini bertujuan untuk mendapatkan nilai secara baik dan valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71H ??
?? m71I ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:15
Last Modified: 18 Jul 2023 08:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3136

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item